Skip to main content

Mengapa Hanya Ada Sembilan Boneka Saja di 9 (2009) animated film?

Cukup menarik dan membuat penasaran, dalam artikel ini berisi mengenai analisa dan penjelasan animasi Film 9 (2009) yang dipublikasikan oleh Focus Features adaptasi dari sebuah fim pendek. latar waktu yang digunakan dalam film ini adalah masa kini namun secara Alternative History, artinya bahwa waktu yang diambil dari film ini adalah masa kini namun dengan sejarah yang berbeda. 9 (2009) memiliki filter tontotan diatas 13 tahun, karena daya tangkap dan imajinasi cerita cocok untuk remaja sampai dewasa. 

Film 9 (2009) menceritakan mengenai sembilan boneka yang selamat dari perang robot dengan manusia. perang tersebut telah usai dan menyisahkan asap, bangkai, besi, dan bekas tempat penyimpanan senjata. alasan terjadinya perang robot dan manusia adalah karena pihak koperasi mesin yang tidak bisa membenahi alat perang atau Bipod Mech yang tersambung dengan kontrol kecerdasan intelektual yang dibuat oleh ilmuwan jenius dinamakan B.R.A.I.N. perang terjadi lama sekali, namun dalam perang tersebut dari kedua pihak, baik manusia dan mesin tidak ada yg memenagkan pertempuran. dunia menjadi sunyi dan sepi, dihiasi oleh rumah-rumah yang hancur.

Sebelum dunia mendekati kehancuran, Ilmuwan yang telah membuat mesin dengan kecerdasan intelektual membuat boneka kain yang dijahit, jenis boneka dalam film ini adalah Boneka Ragdoll yaitu boneka yang biasa ditampilkan sebagai boneka santet . jadi di awal film, penonton dibuat binggung apa yang sebenarnya terjadi, karena diawal film hanya diperlihatkan pembuatan boneka nomor 9 dan jasad ilmuwan yang sudah dibahas tadi terkapar di bawah meja. untungnya GaPaham FILM sudah menjelaskan di paragraf kedua tentang apa yang terjadi sebelum awal film berjalan. 

The Talisman

Talisman diperkenal oleh nomor 6, yaitu sebuah mesin kecil berbentuk bulat lewat gambaran abstrak. Talisman merupakan alat yang digunakan untuk menangkap tiga hal yaitu kehidupan, pemiikiran, dan hati. dalam penggunaannya, Talisman berguna untuk menghidupkan B.R.A.I.N dari kerusakan fatal. GaPaham FILM menemukan bahwa simbol-simbol dari Talisman adalah alfabet yang diambil dari bahasa Baltic, dan terlihat mirip dengan yang digunakan dalan Kerajaan Bulgaria.

Mengenai Robot bernama B.R.A.I.N

Mesin kecerdasan intelektual ini mampu melakukan modifikasi dalam merancang mesin baru setelah Bipod Mech benar-benar hancur dalam perang robot dengan manusia. contoh yang terlihat adalah berbentuk ular kobra, pterosaurus, dan anjing. kemampuan membuat dan merancang adalah pemberian dari kecerdasan yang ditransfer dari otak ilmuwan jenius pembuatnya kedalam memori B.R.A.I.N.

Penjelasan Sembilan Boneka

Ending dari film 9 (2009) cukup membuat pusing para penontonya, kenapa Talisman dirancang untuk bisa menghidupkan B.R.A.I.N dan mampu memasukkan dan mengeluarkan para boneka? bagaimana cara nomor 9 mengetahui cara untuk mengeluarkan para boneka dari dalam Talisman? mari kembali ke awal episode. di awal episode diceritakan bahwa dunia umat manusia telah gagal, dan seorang ilmuwan membuat sebuah boneka, disini kita menemukan poin pertanyaannya. apa tujuan dari dibuatnya sembilan boneka?

Delapan boneka merupakan gambaran dari sifat manusia yaitu :
  • kepemimpinan (nomor 1)
  • kreatif (nomor 2)
  • persahabatan (nomor 3 dan 4)
  • penasehat (nomor 5)
  • imajinasi (nomor 6)
  • penyelamat (nomor 7)
  • kekuatan (nomor 8)
Namun, berbeda dengan nomor 9, ilmuwan menjelaskan bahwa nomor 9 memiliki keistimewaan yang hanya dimiliki oleh boneka tersebut dari boneka lainnya, nomor 9 diciptakan secara lengkap dengan resleting dan tangan yang bagus. bukan hanya itu ilmuwan menjelaskan bahwa nomor 9 dibuat oleh suatu hal yang hanya dimiliki manusia, yaitu rasa penasaran dan hati. nomor 9 selalu merasa penasaran dan lebih memilih mengamati hal yang belum ia mengerti. kembali ke pembahasan Talisman, benda tersebut menyimpan tiga hal yaitu pemikiran atau sifat yang dimiliki manusia yang sisipkan dalam kedelapan boneka, hati manusia yang sisipkan kedalam boneka nomor 9, kemudian siapa yang memiliki pengambaran dari simbol satunya? tentu saja, kecerdasan. dimiliki oleh B.R.A.I.N yang merupakan penggambaran kecerdasan dalam simbol Talisman itu sendiri.

Talisman memiliki satu tujuan, yaitu melepaskan tiga hal yang dimiliki manusia di Bumi yang sudah hancur lebur. dan bisa disimak ketika para boneka dilepas dari dalam benda tersebut mereka kemudian menjadi awan dan tetesan hujan. itu menjelaskan bahwa tujuan akhir dari ilmuwan tersebut membuat kesembilan boneka adalah untuk menata ulang kehidupan yang rusak menjadi awal kehidupan yang baru, kehidupan yang akan mengembalikan pohon dan rumput dari tanah (agak aneh, tapi ini sesuai dengan lukisan yang dilihat dari dalam bagunan di pertengahan film). hal ini juga dikuatkan dengan endingnya.

Pesan Tersembunyi dari Film Tersebut

Dari penjelasan panjang diatas, muncul beberapa dugaan baru. dugaan yang mengatakan bahwa semua adegan dan alur cerita sudah direncanakan sedemikian rupa oleh sang ilmuwan. ini dapat dilihat dengan memperhatikan alurnya. dimulai dari nomor 2 yang mati, kemudian karena hal tersebut B.R.A.I.N menjadi aktif kembali. dan nomor 9 yang tiba-tiba ingin kembali ke ruang sang ilmuwan, secara kebetulan menemukan sebuah hologram yang menjelaskan bagaimana dan seperti apa cara untuk menaklukkan B.R.A.I.N. semua adegan diduga merupakan tujuan ilmuwan yang sebenarnya, yaitu agar bumi yang hancur dari apocalypse perang dapat hidup dengan memunculkan hujan setelah nomor 9 melepaskan jiwa-jiwa boneka lain ke langit. ini sesuai dengan cuplikan ending yang memperlihatkan air hujan yang mengandung jiwa dari para boneka tersebut, pertanda bahwa rencana ilmuwan telah berhasil. yang berarti mereka semua didesain memang untuk momen dan peristiwa tersebut, bahkan juga B.R.A.IN yang kembali aktif juga merupakan rencana ilmuwan. dan itu jawaban sebenarnya mengapa ada sembilan boneka, yaitu karena memang sudah didesain untuk menghidupkan B.R.A.I.N dan menurunkan hujan ke bumi, dan sebagian yang hidup atau tersisa membenahi bumi yang sudah tidak ada kehidupan lagi.

Untuk tambahan informasi, banyak kejanggalan dan keanehan lain. salah satunya adalah tulisan dalam media tulis, koran pada film tersebut. yang membuat para penonton akan sedikit merinding mengetahui fakta bahwa tulisan dalam koran tersebut tidak ditulis asal-asalan. bahkan tanggal koran tersebut menyatakan ditulis pada september 1930 yang secara sangat sangat kebetulan bertepatan dengan peristiwa penting di Jerman.

Peristiwa Young Plan merupakan kilas balik dari salah satu bagian yang masuk dalam alur cerita film 9 (2009) menjelaskan mengenai revolusi perang dalam film tersebut. film 9 (2009) memiliki pencitraan animasi yang bagus dan detail, film ini juga memiliki nuansa yang terkesan menyatu dalam cerita. 9 (2009) akan terlihat sangat bagus ketika ditonton dalam video resolusi tinggi.



Comments

Popular posts from this blog

Sakurasou no Pet na Kanojo setelah episode 24

Sakurasou no Pet na Kanojo ( さくら荘のペットな彼女) atau dalam bahasa indonesia artinya Pasangan Gadis Piaraan di Sakurasou adalah sebuah serial anime yang cukup booming tahun 2014 sampai 2015. didistribuskikan oleh JC. Staff sebagai studio pembuat anime ini. dengan munculnya 24 episode, Sakurasou merupakan anime romance paling populer kala itu. bagi para pengemar anime ini, apakalah kalian ingat ending anime ini? jika kalian menganggap ending anime adalah ending dari cerita, kalian salah. Sakurasou merupakan adaptasi Light Novel dengan judul dan cerita yang sama persis. di anime, Sakurasou hanya mengambil volume 1 - 6  dan sedikit volume 7 di awal-awal saja. sedangkan volume keseluruhan novel Sakurasou adalah sampai volume 10. berarti mungkin kita ketinggalan 12 episode yang tidak akan kita pernah tonton di anime. apakah para penonton baru menyadari hal ini? Kehadiran karakter baru, suasana semester baru, dan cerita baru. terlewat begitu saja. sayangnya lagi, kita tidak akan pernah mendapatkan

Mengungkap Hal Menakjubkan di Film District 9

District 9 (2009) adalah salah satu film Sci-Fi yang ditulis Neil Blompkamp dan di distribusikan oleh Sony Pictures. penceritaan yang terkesan indie dari film District 9 membuat atmosfer-nya hampir sama seperti film Chappie yang dirilis pada tahun 2015. Uniknya, pada tahun 2008, Neil Blompkamp pernah merilis short film berjudul "Alive in Joburg" dengan konsep penceritaan yang hampir sama seperti District 9. kemungkinan seluruh cerita dari District 9 memiliki penceritaan yang didasari dari cerita Alive in Joburg. Film ini menceritakan serangkaian aksi dari seorang manusia bernama Wikus van De Merwe dan alien yang memiliki nama terjemahan Christopher Johnson dalam bahasa manusia, hal ini membuat film semakin unik dan berbeda dari film alien pada umumnya, namun bukan hal itu saja yang membuat film ini unik. Dalam film tersebut, cerita dimulai seakan memiliki alur maju, namun sebenarnya film tersebut memiliki alur cerita yang mundur, yaitu dimulai dari perbincangan narasumber dan

Cerita Tentang Rasa Kesepian dan Penasaran di Manga Star Strings Yori

Star Strings Yori atau From Star Strings adalah sebuah manga Oneshot (manga yang dibuat dengan cerita tidak ada lanjutannya) ditulis oleh Akihito Tsukushi, juga seorang pembuat cerita di Manga Made in Abyss, pembaca bisa membaca pembahasan spoiler Made in Abyss disini. Star Strings Yori dirilis pada 14 Agustus 2011, meskipun dirilis terlebih dahulu daripada karya Made in Abyss-nya, manga Star Strings Yori kurang mendapatkan perhatian dan banyak orang-orang yang belum tahu mengenai manga tersebut. Menceritakan mengenai seorang gadis kecil yang hidup di planet indah layaknya negeri dongeng. dia bernama Kororu, hidup sendirian dengan kemampuan bertahan hidup yang mumpuni. sayangnya, keahlian dan planet dongeng miliknya mempunya satu kekurangan yang fatal. kekurangan tersebut adalah tidak ada siapapun disana kecuali gadis tersebut. Kororu pun tidak paham kenapa hanya ia yang hidup sendirian disana, yang dia ingat hanya namanya dan kemampuan bertahan hidupnya. singkat cerita, pada malam h