Skip to main content

Siapa yang Salah di Anime School Days?

School Days (スクールデイズ)  merupakan Anime yang terkenal karena Ending-nya, dan banyak penonton memulai awal episode dari episode terakhir, bagaimana bisa? dipublikasikan pada tahun 2007 dengan jumlah dua belas episode. anime ini merupakan adaptasi dari Visual Novel dan memiliki jalan yang sedikit berbeda dari animenya, namun pembahasan artikel ini adalah animenya. tokoh utama ditemukan tewas karena dibunuh oleh teman sekelasnya dengan banyak luka tusukan.

Jalan cerita anime ini sangat kurang cocok ditonton untuk umur dibawah 17 tahun, atau mungkin cocok? Permasalahan dari anime ini cukup banyak, menceritakan pergaulan di lingkungan sekolah yang sangat tidak bermoral mulai dari pembully-an, pergaulan bebas, dan sifat dari masing-masing karakter yang bodoh dan tidak layak ditiru. namun siapa tokoh karakter yang memulai permasalahan menjadi semakin rumit? siapakah tokoh yang paling disalahkan dalam anime ini?


Makoto Itou, Bertindak terlalu Jauh!
Tokoh utama dari anime ini pada mulanya bertindak sebagai pemuda yang biasa saja bahkan tergolong polos, namun lama kelamaan tokoh utama yang digambarkan sebagai protagonis mulai menjadi antagonis dikarenakan munculnya sifat egois dan tidak bertanggung jawab. ditambah lagi perubahan Makoto menjadi playboy. awal kencan Makoto dengan Kotonoha awalnya berjalan dengan baik, sampai Makoto mulai mendengarkan saran Sekai yang menjerumuskan mereka dalam cinta segitiga. saat cinta segitiga dimulai, Makoto mulai mengabaikan Kotonoha. Bahkan saat Kotonoha jatuh, Makoto ini malah hanya mengingatkannya untuk tidak melamun saat dijalan.

Sekai, Yandere yang maunya menang sediri
Pada awalnya Sekai berperan paling depan membantu Makoto untuk mendekati Kotonoha. namun dengan berjalannya waktu Sekai yang berperan sepeti teman yang baik ini mulai berbelok tujuan yang awalnya mempertemukan kedua teman sekolah yang saling suka, menjadi ajang perkelahian secara halus. karena Sekai juga suka dengan Makoto. permasalan makin parah ketika Sekai turut menjerumuskan kesalahan Makoto ke arah pergaulan bebas. namun sebenarnya sejak awal Sekai memang menyukai Makoto. Sekai yang begitu sangat ingin mendapatkan Makoto, melakukan berbagai cara apapun untuk menarik cinta Makoto kepadanya. Sungguh ironi, Sekai yang awalnya melakukan selingkuh, pada episode akhir-akhir, Kotonoha yang menjadi pemenang di hati Makoto. Sekai yang merasa disakiti, walaupun sudah dari awal dia banyak menyakiti hati Kotonoha, malah merasa menjadi korban dan langsung menikam Makoto dari belakang. sungguh sangat egois bukan?

Kotonoha, Obsesi sampai jadi gila
Kotonoha dalam serial Anime cukup pasif di permasalahan cerita. namun, kesalahan yang dilakukan Kotonoha adalah sikap dan respon-nya dalam masalah yang ia hadapi, Kotonoha kerap diperlihatkan terlalu terobsesi untuk menjadi pendamping Makoto. Kotoha sendiri merupakan pelajar yang terolong sangat pintar di kelas, terlihat dari beberapa "teman" yang menyuruhnya mengerjakan semua tugas sekolah. Pilihan terbaik bagi Kotonoha seharusnya adalah meninggalkan Makoto dan melupakan semuanya, namun dalam cerita Kotonoha bertindak sebaliknya. pada akhirnya, Kotonoha pun menjadi gila dengan mencintai Makoto yang sudah meninggal dibunuh Sekai. bagaimana menurut pembaca, apakah Kotonoha juga bersalah dalam hal ini?

Lingkungan Sekolah
Dalam anime ini, lingkungan sekolah menurut GaPaham FILM yang paling banyak disalahkan, mulai dari adanya kamar untuk pacaran dalam acara sekolah, untuk apa ada fasilitas tersebut? dan kenapa harus ada? dan minimnya penyelesaian masalah-masalah para pelajar di sekolah dengan para orang tua. namun, ada juga karakter-karakter di anime ini yang memang aneh dan sakit dalam hal kejiwaan seperti Sekai, Kotonoha, Setsuna, dan Taisuke. penulis dan pengarang cerita School Days mungkin sudah memprediksi dan merencanakan alur cerita sangat rumit, oh tentu, dalam visual novel ending dari School Days mempunyai akibat yang sama, bunuh saling bunuh antar pelajar karena asmara. dalam tanda kutip hanya ada sedikit perbedaan. silahkan ditonton saja visual novel-nya kalau masih penasaran.

Anime ini bisa menjadi bahan renungan pada sekolah di Jepang atau bahkan di Indonesia mengenai permasalahan yang sama dalam Anime tersebut. untuk para pembaca yang menonton film dengan jumlah rating, mohon maaf, mungkin anime ini kurang cocok karena ratingnya hanya sekitaran enam dan tujuh saja.

Comments

  1. Kotonoha gk salah mass....gk segampang itu melupakannnya...setelah dia siap dan gk ragu2 dia malah ditinggalin....Makoto selingkuh....trs pas festifal kotonoha sama taisuke berhubungan...yang mau saya tanyakan di sini adalah apakah yang dilakukan kotonoha dan taisuke hanya sebatas ciuman atau lebih...apa sampe berhubungan badan...kalo iya si taisuke sama biadabnya sama Makoto....makanya pas di tolak kotonoha seneng gw...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih telah berkomentar. untuk pertanyaan "apakah yang dilakukan Kotonoha dan Taisuke hanya sebatas ciuman atau lebih" tentu jawaban yang jelas adalah lebih dari ciuman. ini dasarnya karena setelah kotonoha keluar dari gedung sekolah, ia mengenakan baju dengan kancing yang banyak terbuka, sangat jelas hal ini menjelaskan bahwa kotonoha mendapat kekerasan seksual. selain itu ada beberapa detik adegan dengan menampilkan pita bunga yang jatuh dengan percikan air merah, ini sangat diduga kuat merupakan kiasan bahwa kesucian seseorang wanita telah hilang.

      Delete
  2. Susah move on dari ending:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah coba cek cerita menarik lainnya di GaPaham FILM, mungkin bisa move on dan menyimak cerita lainnya

      Delete
  3. Kalau menurut ku yang salah malah Sekai sih 🤣🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Endak mas makoto yang salah setan memang makoto

      Delete
  4. Anime ini bagus loh, menceritakan pergaulan bebas terus banyak pesan moralnya tapi harus mengerti sendiri/sudah dewasa jadi tau apa pesan yang disampaikan. Kalau dibilang salah bisa semua salah, mulai dari lingkungan pergaulan sekolah yang negatif sudah membudidaya, orang tua kurang memperhatikan anaknya, dan broken home juga. Anime ini benar2 menampar rahasia umum di kehidupan masyarakat dan benar juga bisa menjadi bahan renungan kita semua.

    ReplyDelete
  5. Kenapa gua nonton sih padahal lagi iseng cari anime harem

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, anime yang pro dalam menjebak penonton-penonton harem

      Delete
  6. Yg salah:sekai

    Alasannya:
    Ketika makoto diam² mentukai kotonoha itu merupakan cinta pertamanya ya pasti jika kita merasakan cinta pertama pastinya frustasi atau rindu berlebihan pada seseorang yg kita cintai, nah di dalam novel ini makoto akhirnya ketahuan sedang menyukai kotonoha, begipula kotonoha juga sebaliknya, sebenarnya adalah jika sekai tidak ada hubungan apa² dengan makoto, makoto tidak akan menjadi egois atau agresif, bisa di bilang cinta sejati lh, namun sayangnya sekai ikut campur, bahwa dia juga menyukai makoto dan mengakui perasaannya terhadap makoto, tetapi makoto lebih tertarik bersama kotonoha, sekai pun iri dengan hubungan mereka, dan mencari cara agar dapat memisahkan hubungan asmara mereka, sedikit demi sedikit sekai memberitahukan hal-hal yg tidak baik kepada makoto, dan di situlah makoto memasukan kata² itu kedalam hatinya, namun makoto masih belum tertarik, tapi sekai tetap ingin mencari cara, bahkan rencananya jauh lebih kejam dari sebelumnya, makoto akhirnya menjadi tidak bertanggung jawab pada kotonoha, dan tertarik perempuan lain (Playboy) padahal kotonoha adalah perempuan yg seharusnya di jaga bukan di sia-siakan, namun waktu terus berjalan, sekian jawaban dari aku menurut serial film 'School days' tanpa adanya sekai, hubungan makoto dan kotonoha sebaik yg diharapkan oleh kotonoha dan makoto.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pendapat yang bagus. berbicara masalah itu, alasan mengapa Sekai terus menempel ke Makoto salah satunya adalah karena dia sendiri sudah banyak diapa-apakan Makoto. sialnya, Makoto ini berhadapan dengan orang psikopat brutal. terima kasih telah berkomentar dan juga bisa telusuri artikel-artikel baru dari GaPaham FILM yang membahas mengenai anime di menu "Anime".

      Delete
  7. Fiks yg salah makoto klo mnrut saya. Karna dia nggak bisa tegas untuk menolak perempuan² yang ngedeketin kita.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sakurasou no Pet na Kanojo setelah episode 24

Sakurasou no Pet na Kanojo ( さくら荘のペットな彼女) atau dalam bahasa indonesia artinya Pasangan Gadis Piaraan di Sakurasou adalah sebuah serial anime yang cukup booming tahun 2014 sampai 2015. didistribuskikan oleh JC. Staff sebagai studio pembuat anime ini. dengan munculnya 24 episode, Sakurasou merupakan anime romance paling populer kala itu. bagi para pengemar anime ini, apakalah kalian ingat ending anime ini? jika kalian menganggap ending anime adalah ending dari cerita, kalian salah. Sakurasou merupakan adaptasi Light Novel dengan judul dan cerita yang sama persis. di anime, Sakurasou hanya mengambil volume 1 - 6  dan sedikit volume 7 di awal-awal saja. sedangkan volume keseluruhan novel Sakurasou adalah sampai volume 10. berarti mungkin kita ketinggalan 12 episode yang tidak akan kita pernah tonton di anime. apakah para penonton baru menyadari hal ini? Kehadiran karakter baru, suasana semester baru, dan cerita baru. terlewat begitu saja. sayangnya lagi, kita tidak akan pernah mendapatkan

Mengungkap Hal Menakjubkan di Film District 9

District 9 (2009) adalah salah satu film Sci-Fi yang ditulis Neil Blompkamp dan di distribusikan oleh Sony Pictures. penceritaan yang terkesan indie dari film District 9 membuat atmosfer-nya hampir sama seperti film Chappie yang dirilis pada tahun 2015. Uniknya, pada tahun 2008, Neil Blompkamp pernah merilis short film berjudul "Alive in Joburg" dengan konsep penceritaan yang hampir sama seperti District 9. kemungkinan seluruh cerita dari District 9 memiliki penceritaan yang didasari dari cerita Alive in Joburg. Film ini menceritakan serangkaian aksi dari seorang manusia bernama Wikus van De Merwe dan alien yang memiliki nama terjemahan Christopher Johnson dalam bahasa manusia, hal ini membuat film semakin unik dan berbeda dari film alien pada umumnya, namun bukan hal itu saja yang membuat film ini unik. Dalam film tersebut, cerita dimulai seakan memiliki alur maju, namun sebenarnya film tersebut memiliki alur cerita yang mundur, yaitu dimulai dari perbincangan narasumber dan

Cerita Tentang Rasa Kesepian dan Penasaran di Manga Star Strings Yori

Star Strings Yori atau From Star Strings adalah sebuah manga Oneshot (manga yang dibuat dengan cerita tidak ada lanjutannya) ditulis oleh Akihito Tsukushi, juga seorang pembuat cerita di Manga Made in Abyss, pembaca bisa membaca pembahasan spoiler Made in Abyss disini. Star Strings Yori dirilis pada 14 Agustus 2011, meskipun dirilis terlebih dahulu daripada karya Made in Abyss-nya, manga Star Strings Yori kurang mendapatkan perhatian dan banyak orang-orang yang belum tahu mengenai manga tersebut. Menceritakan mengenai seorang gadis kecil yang hidup di planet indah layaknya negeri dongeng. dia bernama Kororu, hidup sendirian dengan kemampuan bertahan hidup yang mumpuni. sayangnya, keahlian dan planet dongeng miliknya mempunya satu kekurangan yang fatal. kekurangan tersebut adalah tidak ada siapapun disana kecuali gadis tersebut. Kororu pun tidak paham kenapa hanya ia yang hidup sendirian disana, yang dia ingat hanya namanya dan kemampuan bertahan hidupnya. singkat cerita, pada malam h