Skip to main content

Penjelasan dari Kerumitan Film Interstellar

Interstellar diproduksi oleh Paramount Pictures dan Warner Bros, dipublikasikan pada tahun 2014. film ini mengusung tema fiksi ilmiah dan petualangan luar angkasa. jalan cerita dari film ini cukup rumit dan memiliki permasalahan yang kompleks. tidak sedikit dari para pembaca GaPaham FILM yang sudah menontonnya masih kebinggungan mengenai jalannya cerita film ini. maka dari itu, lanjutkan membaca mengenai pembahasan penjelasan dari film Interstellar. direksi oleh Cristoper Nolan dari adaptasi tulisan karangan Jonathan Nolan dan Cristopher Nolan.

Interstellar menceritakan bahwa di masa depan, setelah perang besar terjadi. manusia kesusahan untuk bertahan hidup dan kehilangan kontrol atas pertanian dan kondisi agraris yang sudah dibangun di masa lalu. bumi menjadi tidak layak dihuni. para masyarakat yang putus asa mengharapkan sesuatu yang bisa mengubah nasib buruk mereka. beberapa puluh tahun, ditemukan sebuah jalur penghubung dengan galaxi lain yang disebut Wormhole atau Lubang Cacing, NASA akhirnya menjelaskan sesuatu proyek yang akan dapat memindahkan manusia ke planet lain di luar angkasa yang layak huni mengunakan kejadian alam tersebut.

APA YANG TERJADI PADA BUMI SEBENARNYA?

Bumi dalam film ini terlihat normal dan tidak ada kondisi dimana itu dinyatakan sebagai kondisi "Apocalypse" atau kiamat, walaupun memang kenyataannnya Interstellar mengusung unsur apocalypse. Bumi dalam Interstellar digambarkan sebagai tempat yang tidak layak dihuni sampai-sampai ingin pindah ke planet entah berantah yang kondisinya juga mungkin tidak sebagus bumi, tapi kenapa? kenapa manusia di dalam film ini sangat ngotot ingin pindah?

Pemasalahan dalam film ini diperkenalkan di dalam adegan saat Cooper dengan Professor Brand yang sedang mengamati beberapa ruang laboratorium. mikroorganisme bernama Blight atau Hawar adalah permasalahan utama kenapa bumi di film ini sangat layak ditinggal. Hawar bukan merupakan gambaran hama yang fiktif atau bualan semacam virus zombie. mikroorganisme ini nyata dalam kehidupan. Hawar merupakan mikroorganisme yang bersifat antagonis, menyerang beberapa tanaman yang menjadi kebutuhan pangan dan mengonsumsi nitrogen.

Sialnya, setelah perang usai, Hawar bereproduksi dengan sangat-sangat pesat sambil mengerogoti atsmosfer dan menyebabkan oksigen berkurang. atsmosfer yang rusak menyebabkan nitrogen menjadi 80% yang menjadi keuntungan Hawar untuk terus berkembang dan merusak tanaman-tanaman pangan. dalam film ini, professor brand menjelaskan bahwa Gandum, Kentang, dan Okra sudah menjadi tanaman yang punah. sementara manusia dipaksa Hawar untuk menghirup banyak nitrogen sedikit oksigen. manusia akan terserang penyakit paru paru kronis yang akan berujung kematian karena terlalu banyak konsumsi nitrogen.

BAGAIMANA CARA NASA MENGETAHUI ADA PLANET LAIN LAYAK HUNI?
NASA pada film ini sebenarnya sudah lama ditutup dan tidak beroprasi lagi sejak perang bergejolak, namun para dewan mengajak para masyarakat untuk mendanai proyek rahasia yang dapat menuntun bumi kembali seperti dulu, dengan cara di bohongi. dewan mengisi kursi kepada NASA untuk menjalankan proyek, kebohongan ini bukan tanpa alasan. kondisi manusia yang kelaparan akan sangat susah untuk diajak membantu proyek antariksa, karena mereka menganggap hal tersebut tidak penting dan yang mereka butuhkan adalah cara membenahi bumi atau melakukan sesuatu pada Hawar.

Menjelang kehancuran, dengan bumi yang hanya berisi nitrogen. secara tidak terduga muncul sebuah lubang cacing di dekat Saturnus. ditemukannya lubang cacing ini membutuhkan waktu 48 tahun untuk manusia sadar bahwa terdapat lubang cacing disana. sebelum ditemukannya peristiwa tersebut, banyak anomali dan kejanggalan yang terjadi di bumi, seperti medan gravitasi yang aneh, dan lebih terlihat seperti fenomena supranatural.

Berbeda dengan lubang hitam, lubang cacing bukan merupakan peristiwa alami yang terjadi karena alam, peristiwa lubang cacing hanya muncul ketika ada kontak antara dimensi ketiga yaitu dimensi tiga dengan dimensi keempat yang melibatkan ruang dan waktu. ada seseorang atau siapapun yang hanya bisa membuat peristiwa tersebut. 10 tahun sebelum peristiwa Interstellar, para dewan menempatkan NASA agar bisa melakukan observasi dengan meluncurkan operasi lazarus. operasi lazarus adalah operasi prospek planet, melibatkan beberapa banyak astronot untuk masuk ke dalam lubang cacing tersebut. masuk ke dalam timeline Interstellar,NASA menerima sinyal beberapa planet yang memungkinkan manusia untuk tinggal yaitu :

PLANET MILLER
Seperti yang terlihat dalam film, planet tersebut adalah planet air. sayangnya karena mengorbit sebuah lubang hitam, planet ini memiliki gaya gravitasi dan pasang surut yang tinggi membuat ombak yang mungkin punya ketinggian 100 meter bisa terjadi kapan saja, atau bisa disebut planet yang punya tsunami setiap hari. membuat Miller, seorang wanita astronot yang awalanya adalah ilmuwan biologi tewas karena tertabrak ombak tersebut, kejadian yang sama seperti yang dialami Doyle.

PLANET MANN
Planet Mann sebenarnya planet yang tidak layak huni sama sekali. planet mann merupakan planet membeku yang bukan terjadi karena air namun amonia. Dr. Mann yang tidak kuat dan takut mati rela membohongi NASA agar tim yang akan diluncurkan (misi endurance yang dipiloti Cooper) selanjutnya bisa menyelamatnya.

PLANET EDMUND
Dr. Wolf Edmund yang sudah tinggal di planetnya mengirimkan data kepada NASA agar bisa cepat mengunjunginya, mengirim dengan banyak sinyal bagus. sayangnya karena perbedaan ruang dan waktu, Dr. Edmund perlu waktu untuk penyelamatan dari tim beriktnya, akhirnya dia menidurkan dirinya dalam sebuah pod, sayanganya saat mode tidur di dalam pod-nya terjadi longsor.

dari banyaknya astronot, hanya tiga orang yang berhasil selamat. mengirimkan beberapa sinyal bagus yang dapat dilirik NASA untuk melanjutkan misi selanjutnya yaitu Endurance. propek yang paling dicari manusia adalah planet milik Edmund. karena kesulitan untuk menalukan visualisasi, maka astronot dari tim endurance harus melakukan kunjungan satu per satu.

KENAPA MANN INGIN MENYINGKIRKAN TIM ENDURANCE?

Sempat membingunkan mengapa Dr. Mann bisa ingin menyingkirkan orang-orang yang akan menyelamatkannya? simak beberapa alasan dari GaPaham FILM berupa daftar dibawah ini

  1. motivasi Dr.Mann adalah survival dalam planet yang ia huni, planet yang ia huni sangat tidak berguna, dan dengan menombol sinyal bagus maka ia bisa melihat manusia lagi dan mati bersama-sama di planet tersebut.
  2. setelah ia menghancurkan KIPP ( robot seperti TARS) ia memanipulasi data agar kebohongannya bisa dilirik NASA dan mengirimkan seseorang untuk menyelamatkannya. setelah Cooper meminta rekannya untuk pamit dan kembali ke bumi, Dr.Mann mengambil alih pesawat agar manusia dibumi tidak tahu apa yang terjadi. dengan mencegah untuk siapapun di planetnya kembali ke bumi.
  3. Dr.Mann mengetahui bahwa Dr.Edmund memiliki planet yang layak huni. dengan mengambil pesawat endurance, ia akan berhasil meninggalkan masalah kebohongannya dan memulai pembuatan koloni tanpa diketahui siapapun.
KENAPA PUTRI COOPER BISA JADI LEBIH TUA DARI COOPER?
Alasan mengapa, putri Cooper yaitu Murph bisa lebih tua dari Cooper adalah karena adanya perbedaan waktu ketika masuk kedalam Lubang Cacing yang merupakan jalur yang berhadapan dengan lubang hitam Gargantua. Gargantua merupakan lubang hitam yang berotasi, memutar seluruh elemen termasuk cahaya. gaya gravitasi dari lubang hitam memperlambat waktu, lebih lambat dari waktu di bumi. beberapa contoh seperti planet Miller yang memakan waktu 7 tahun di bumi hanya untuk menginjakkan kaki di planet tersebut selama satu jam. perbedaan waktu inilah yang menyebabkan manusia antara di bumi dengan yang berada di dekat Gargantua menjadi sangat berbeda.

Cooper dan Brand yang saat itu terdesak karena pesawat rusak dan terancam tidak bisa kembali  kebumi, memutuskan untuk melakukan perjalanan ke Planet Edmund mengunakan rotasi Gargantua. efek dari tindakan cooper ini menyebabkan selisih rentan waktu dirinya dengan waktu di bumi menjadi 120 tahun. menyebabkan Cooper dan Murph berjalan di waktu yang berbeda. berhasil melakukan rotasi ke Gargantua, Cooper masuk ke dalam lubang hitam tersebut dengan selamat.

SIAPA "MEREKA" DAN KENAPA MEMBANTU MANUSIA?

"Mereka" pada mulanya dianggap NASA sebagai mahluk supranatural yang ingin membantu manusia karena melihat kondisi bumi yang memburuk dan menyelamatkan kaum manusia dari kepunahan. namun tidak sepenuhnya salah, Cooper yang berhasil selamat dari lubang hitam melihat sesuatu ruang aneh bernama Tesseract yang dapat memberikan kekuatan agar Cooper bisa menyampaikan pesan TARS, yaitu pesan yang berisi rumus kuantum di lubang hitam ke manusia di bumi. setelah memahami apa yang sebenarnya terjadi, Cooper mulai paham bahwa mereka bukanlah mahluk melainkan manusia dari masa depan yang selamat dan melakukan kolonisasi di Planet Edmund. mereka yang selamat dan tinggal di Planet Edmund berevolusi untuk membangun peradaban di luar dimensi empat, dan dapat melewati batas ruang dan waktu. jadi film ini sebenarnnya mendadaptasi unsur paradox time travel.

Cooper berhasil selamat karena masuk kedalam Tesseract (ruang buatan manusia masa depan berupa kubus kosmik) karena seharusnya Cooper tidak bisa selamat setelah tertarik gravitasi Gargantua. karena film ini merupakan film fiksi ilmiah, Hanya sang penulis cerita, yaitu Nolan yang bisa mengambarkan isi dari lubang hitam versinya sendiri. karena saat ini belum ada manusia yang tahu bentuk didalam lubang hitam itu berbentuk seperti apa.selain daripada mengutip banyak teori mengenai lubang hitam, film ini menjelaskan bahwa cinta seorang anak dan ayah tidak bisa dipisahkan walaupun berbeda ruang dan waktu. kasih sayang manusia dapat melebihi ruang dan waktu, begitulah yang dikatakan Brand. apakah para pembaca GaPaham FILM setuju dengan kata-kata tersebut?

Comments

Popular posts from this blog

Sakurasou no Pet na Kanojo setelah episode 24

Sakurasou no Pet na Kanojo ( さくら荘のペットな彼女) atau dalam bahasa indonesia artinya Pasangan Gadis Piaraan di Sakurasou adalah sebuah serial anime yang cukup booming tahun 2014 sampai 2015. didistribuskikan oleh JC. Staff sebagai studio pembuat anime ini. dengan munculnya 24 episode, Sakurasou merupakan anime romance paling populer kala itu. bagi para pengemar anime ini, apakalah kalian ingat ending anime ini? jika kalian menganggap ending anime adalah ending dari cerita, kalian salah. Sakurasou merupakan adaptasi Light Novel dengan judul dan cerita yang sama persis. di anime, Sakurasou hanya mengambil volume 1 - 6  dan sedikit volume 7 di awal-awal saja. sedangkan volume keseluruhan novel Sakurasou adalah sampai volume 10. berarti mungkin kita ketinggalan 12 episode yang tidak akan kita pernah tonton di anime. apakah para penonton baru menyadari hal ini? Kehadiran karakter baru, suasana semester baru, dan cerita baru. terlewat begitu saja. sayangnya lagi, kita tidak akan pernah mendapatkan

Mengungkap Hal Menakjubkan di Film District 9

District 9 (2009) adalah salah satu film Sci-Fi yang ditulis Neil Blompkamp dan di distribusikan oleh Sony Pictures. penceritaan yang terkesan indie dari film District 9 membuat atmosfer-nya hampir sama seperti film Chappie yang dirilis pada tahun 2015. Uniknya, pada tahun 2008, Neil Blompkamp pernah merilis short film berjudul "Alive in Joburg" dengan konsep penceritaan yang hampir sama seperti District 9. kemungkinan seluruh cerita dari District 9 memiliki penceritaan yang didasari dari cerita Alive in Joburg. Film ini menceritakan serangkaian aksi dari seorang manusia bernama Wikus van De Merwe dan alien yang memiliki nama terjemahan Christopher Johnson dalam bahasa manusia, hal ini membuat film semakin unik dan berbeda dari film alien pada umumnya, namun bukan hal itu saja yang membuat film ini unik. Dalam film tersebut, cerita dimulai seakan memiliki alur maju, namun sebenarnya film tersebut memiliki alur cerita yang mundur, yaitu dimulai dari perbincangan narasumber dan

Cerita Tentang Rasa Kesepian dan Penasaran di Manga Star Strings Yori

Star Strings Yori atau From Star Strings adalah sebuah manga Oneshot (manga yang dibuat dengan cerita tidak ada lanjutannya) ditulis oleh Akihito Tsukushi, juga seorang pembuat cerita di Manga Made in Abyss, pembaca bisa membaca pembahasan spoiler Made in Abyss disini. Star Strings Yori dirilis pada 14 Agustus 2011, meskipun dirilis terlebih dahulu daripada karya Made in Abyss-nya, manga Star Strings Yori kurang mendapatkan perhatian dan banyak orang-orang yang belum tahu mengenai manga tersebut. Menceritakan mengenai seorang gadis kecil yang hidup di planet indah layaknya negeri dongeng. dia bernama Kororu, hidup sendirian dengan kemampuan bertahan hidup yang mumpuni. sayangnya, keahlian dan planet dongeng miliknya mempunya satu kekurangan yang fatal. kekurangan tersebut adalah tidak ada siapapun disana kecuali gadis tersebut. Kororu pun tidak paham kenapa hanya ia yang hidup sendirian disana, yang dia ingat hanya namanya dan kemampuan bertahan hidupnya. singkat cerita, pada malam h