Beberapa artikel dan cuplikan gambar memuat konten dan isi mengenai jalan cerita. disarankan untuk menonton, membaca, atau memainkan segala bentuk cerita yang akan anda baca disini!

12/13/20

Cerita Tentang Rasa Kesepian dan Penasaran di Manga Star Strings Yori

Star Strings Yori atau From Star Strings adalah sebuah manga Oneshot (manga yang dibuat dengan cerita tidak ada lanjutannya) ditulis oleh Akihito Tsukushi, juga seorang pembuat cerita di Manga Made in Abyss, pembaca bisa membaca pembahasan spoiler Made in Abyss disini. Star Strings Yori dirilis pada 14 Agustus 2011, meskipun dirilis terlebih dahulu daripada karya Made in Abyss-nya, manga Star Strings Yori kurang mendapatkan perhatian dan banyak orang-orang yang belum tahu mengenai manga tersebut.

Menceritakan mengenai seorang gadis kecil yang hidup di planet indah layaknya negeri dongeng. dia bernama Kororu, hidup sendirian dengan kemampuan bertahan hidup yang mumpuni. sayangnya, keahlian dan planet dongeng miliknya mempunya satu kekurangan yang fatal. kekurangan tersebut adalah tidak ada siapapun disana kecuali gadis tersebut. Kororu pun tidak paham kenapa hanya ia yang hidup sendirian disana, yang dia ingat hanya namanya dan kemampuan bertahan hidupnya. singkat cerita, pada malam hari, sebuah tali bersinar dengan melodi yang indah tiba-tiba turun dari langit begitu saja.

Kororu yang penasaran pun mendatangi dimana tali itu turun. itu adalah sebuah tali yang panjang dengan jarak sampai menembus langit. Kororu yang makin penasaran mencoba untuk memanjat dengan tali tersebut untuk memastikan kekuatan tali tersebut. menabjukannya, tali tersebut walaupun tipis namun sangat, sangat kuat. sebenarnya kemana tali itu menuju? siapa yang menurunkan tali sepanjang itu? apakah ada orang di ujung sana? siapapun? begitulah pikir Kororu sambil menatap tali bersinar tersebut.

Pada pagi hari, Kororu terbangun karena merasa ada yang menarik tali tersebut dari atas. namun siapa? apakah itu orang? pikir Kororu. disini penulis GaPaham FILM mulai tertarik untuk memahami lanjutan apa yang sebenarnya Akihito Tsukushi ingin sampaikan kepada pembaca. jangan pikiran dahulu kenapa ada tali yang bisa menembus langit, melupakan mengenai realitas cerita, mari kita pahami sebuah hal penting, mengenai apakah sebenarnya cerita ini memiliki amanat cerita yang cukup dalam?

Kembali ke cerita Kororu, setelah menyimpukan bahwa di ujung tali di sisi lain sana pasti ada seseorang, seseorang yang selama ini dia cari, seorang teman. Kororu pun sangat bahagia dengan melakukan tarian tarian semangat, berharap seseorang merespon balik dan benar, respon kororu dibalas. Kororu pun mulai menempatkan sebuah harapan yang kuat, gadis kesepian tersebut berharap dengan harapan dari hati yang paling dalam. dia ingin menemui seseorang di ujung sana, seseorang yang merespon dari tali tersebut. dengan semangat yang membara Kokoru menyiapkan seluruh peralatan untuk menjelajah dan memanjat tali tersebut, berharap dia dapat bertemu dengan seorang teman. harapan Kororu pun bukan cuma abal-abal, bahkan dia telah menyiapkan sebuah hadiah untuk seseorang di ujung sana. tentu apakah dia akan bertemu seseorang disana? mungkin saja.

Dan tiba saatnya, Kororu mengucapkan selamat tinggal kepada planet indahnya dan berdoa agar dapat dimudahkan perjalannya. saatnya memulai perjalanan dimulai. memanjat hingga lebih tinggi dari gunung, dari awan, hingga wow Kororu sudah jauh dari planet asalnya. mendadak dia pun mencoba untuk melihat kebawah dan melihat planetnya yang indah, dengan rasa sedikit menyesal Kororu tetap melakukan penjalanan panjang, ambisi untuk bertemu seseorang disana, seorang teman, seorang yang dapat diajak bicara, siapapun. dengan semangat membara Kororu melewati semua rintangan sambil tetap memanjat di tali yang sudah di posisis luar angkasa.

Mengikuti sebuah tali bersinar, munculah sebuah penampakan planet bercincin selayaknya saturnus dimana ujung tali menuju kesana. Kororu masih melanjutkan perjalannya untuk menuju kesana dibarengi dengan semangat dan ambisi. namun.

Siapa? tidak ada siapapun disini?

Kororu yang kelelahan mencoba berhenti sejenak. kenapa tidak ada seseorang pun di planet yang baru saja ia kunjungi. gadis kecil yang malang itupun mencoba membuat melodi lagi dengan mengesekkan senar ke tali tersebut. dengan mata kepalanya sendiri, gadis malang itu melihat suara tersebut ternyata memantul balik ke sumber suara. manjawab bahwa selama ini tali tersebut tidak merespon apapun kecuali memantulkan apa yang dilakukan Kororu. gadis yang sangat malang sekali.

Sudah jatuh tertimpa tangga pula, tali yang dipanjat oleh Kororu tiba tiba putus dan menghilang, Kororu pun jatuh tepat diatas barang yang ia bawa. dengan bersimbah darah dan rasa sedih, gadis kecil itu pun mencoba untuk mengobati dirinya sendiri. disisi lain, barang yang gadis malang itu bawa semuanya hancur berkeping-keping karena kejadian jatuh tadi. Kororu mulai berteriak kencang sambil menangis.

Dimana seseorang?? Siapapun?

Tidak ada yang menjawab, planet tersebut tidak dihuni oleh siapun kecuali dirinya saat ini. sama seperti planet sebelumnya yang telah ia tinggali, namun planet baru ini tidak indah dan mempesona seperti planet sebelumnya. Lebih layak disebut sebagai planet neraka. impian dan ambisi Kororu seketika itupun bubar sambil melihat barang bawaannya yang hancur. Cukup! sebenarnya penulis GaPaham FILM disini ingin rasanya menangis melihat apa yang terjadi pada Kororu. melihat sebuah harapan besar tiba-tiba musnah oleh sebuah kenyataan bahwa gadis tersebut masih sendirian.

Mari kita lihat lagi apa yang dilakukan gadis kecil malang tersebut. dia terlihat bisa bertahan dengan kondisi planet tersebut. paling tidak kemampuan bertahan hidupnya masih bisa digunakan disini. kali ini dia membuat sebuah boneka dari batu untuk menemani dirinya melalui hari-hari di planet neraka. berjalan, bernyanyi, dan bertahan hidup. begitulah hari-hari Kororu dan planet barunya. sampai suatu ketika, suatu ketika ia mendengar sebuah melodi yang ia pernah dengar sebelumnya. ya, tali itu lagi, namun sepertinya bukan kearah planet lamanya. Kororu mulai melihat kelangit, kembali berharap untuk menemukan seseorang di ujung sana, entah sampai kapan, atau hasil yang samalah yang ia akan terima. itu tidak penting, Kororu mencoba untuk memanjat tali tersebut. pejalanan yang jauh diujung sana mulai menanti. siapa yang mengirim tali tersebut? entahlah, namun Kororu akan terus memanjat dan mencari tahu. dengan rasa kesepian dan penasaran, Kororu tetap melanjutkan perjalanan. berhrap menemukan seseorang disana. terus memanjat... memanjat.. dan memanjat.

Kemudian cerita ditutup dengan penceritaan sebagai berikut :

" disuatu tempat jauh dari kegelapan

terdapat sebuah planet kecil

dimana seorang gadis kecil hidup sendirian

gadis itu tidak ada disini lagi sekarang

dia melakukan perjalan yang sangat jauh di luar sana "

Menunjukkan bahwa Kororu masih dalam penjalanan yang hari ini sangat sangatlah jauh dari asalnya. berharap menemukan seseorang, namun dari penceritaannya Kororu sepertinya masih tidak dapat menemukan seseorang atau sampai kapanpun. mungkin memang di dunia yang ditinggali Kororu, dia memang sudah sendirian dari awal. ini semua karena rasa kesepian yang ia lalaui, menaruh harapan untuk sesuatu yang dari awal memang tidak ada. menceritakan mengenai seorang gadis mengemaskan yang malang berharap penuh untuk bisa bertemu seseorang, namun kenyataan berbeda dari ekspetasinya. pada akhirnya penjalannya merupakan sesuatu yang seru untuk diceritakan. walaupun entah kapan gadis tersebut akan sadar dan menyerah. Akihito Tsukushi memang cukup jenius dalam pembuatan cerita ini, menjelaskan mengenai rasa penasaran manusia yang hanya akan membawa kekecewaan dan penyesalan. sebuah harapan yang terus dipercaya sampai kematian itu datang.

Lihat Juga
Eksplorasi dan Penjelasan di Dunia Made in Abyss
Hitoribocchi season2? Apa yang terjadi selanjutnya Setelah Episode 12?
Cerita Sebenarnya di Anime Girls Last Tour itu Apa?

4 comments:

  1. Gua suka banget karya akihito tsukushi, yang fantasy- nya dapat semua,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cukup setuju, salah faktor pembeda karyanya yang unggul menurut GaPaham FILM adalah susunan cerita yang tidak membuat karakter utama terlihat telalu dominan atau over power. penggambaran ceritanya selalu merujuk pada karakter utama yang terlihat alami bersatu dalam setting waktu dan lokasi. terima kasih telah berkomentar.

      Delete
  2. Akihito tsukishi idola gw bgt sih

    ReplyDelete
  3. Jangan jangan nanti ending made in abyss,riko hanya menemukan ketiadaan di lapisan terdalam abyss dan mungkin nasibnya akan mirip dengan kororu yaitu kecewa dengan keputusan untuk menjawab rasa penasarannya

    ReplyDelete