Skip to main content

Pesan Tersembunyi Film Indonesia Alif Lam Mim

Alif Lam Mim merupakan film asal Indonesia yang dirilis pada tahun 1 Oktober 2015 dengan produser oleh Arie Untung dan sutradara oleh Anggy Umbara. awal dari penanyangan film ini mendapat tanggapan luas, namun, film ini tiba-tiba diblokir, selang beberapa waktu film ini pun lenyap dari bioskop. diproduksi oleh FAM pictures dengan mengusung tema aksi, Alif Lam Mim bercerita mengenai kondisi Indonesia dalam lintas waktu berbeda, dimana di masa lalu Indonesia mengalami konflik berpanjangan karena ditemukannya sebuah dokumen rahasia yang berisi pembunuhan para ulama dan santri secara terselubung. hal tersebut memicu adanya gerakan pemberontakan yang menyebabkan terjadinya kerusuhan di jalan, desa, dan kota. pemerintah yang terguncang mengambil sikap untuk merendam para pemberontak, dengan menarik semua sejata api dari semua aparat keamanan.

BACKSTORY FILM ALIF LAM MIM
Revolusi Indonesia terjadi di masa depan tepatnya pada tahun 2026, setelah mengalami masa lalu yang kelam, Indonesia di masa itu mengusung edeologi penuh liberal. namun bukan tanpa halangan, banyak para penganut paham anarkisme yang demikian hari semakin membahayakan seperti bisnis narkoba, prostitusi, dan sejata api. aparat keamanan seperti polisi didesak dengan kondisi yang terpojok, disatu sisi mereka harus menumpas penjahat yang memungkinkan membawa senjata api dengan hanya membawa ilmu bela diri dan senjata berpeluru karet, dilain sisi jika para aparat keamanan diketahui menggunakan senjata api akan kembali membawa masalah di masa lalu. Alif seorang polisi yang sangat ahli dalam bela diri dengan mudah menangkap para penjahat dan orang-orang anarkis.

berikut beberapa pesan tersembunyi dalam Film Alif Lam Mim yang membuat film ini dicegah penayangan bioskop dan diwaspadai oleh kalangan tertentu, simak baik-baik!

Tatanan Sosial Tetap Berpeluang Hancur Meskipun Tanpa Agama
Pertanyaan yang paling mendasar setelah menonton film ini bagi para penonton sendiri adalah, apakah kalau semua agama lenyap di muka bumi akan membuat dunia lebih baik? tentu jawabannya adalah tidak ada yang berubah, bahkan perang akan semakin bergejolak. dalam film Alif Lam Mim, diceritakan sebuah negara yang menjadi liberal pun tak luput dari konflik edeologi, kekuasan, dan sumber daya. sebut saja Kolonel yang merencanakan pengeboman di Candi Cafe yang berisi beberapa mahasiswa pengusung komunis, para anggota politik yang melakukan kudeta. 

Propaganda Lewat Media untuk Menguntungkan Pihak Tertentu
Tidak dipungkiri, semakin maju dan perkembangan teknologi tinggi membuat manusia semakin membutuhkan sarana dan keperluan komunikasi yang cepat. contoh dalam film Alif Lam Mim yang digambarkan dengan teknologi yang modern dan Lam yang berkerja di bidang jurnalis dengan memakai peralatan yang canggih . dalam beberapa sudut pandang media memiliki arti dan definisi yag berbeda. seperti menurut Santoso S. Hamijaya menjelaskan bahwa media adalah segala bentuk perantara yang dipakai seseorang untuk menyebarkan ide, agar ide tersebut sampai pada penerimanya. 

Ide dan tujuan dibuatnya suatu informasi merupakan hal terpenting agar media tersebut tetap berjalan pada jalannya, menggunakannya sebagai tempat informatif dan inspiratif atau sebagai tempat untuk menggiring opini publik. kepentingan penguasa juga turut ambil didalamnya, sebagai contoh di belahan bumi manapun, terjadi nya propaganda untuk mendukung sistem yang dibuat oleh penguasa sangat sering terjadi. sayangnya kebenaran tidak selalu indah, kadang kala kebenaran akan disembunyikan oleh pihak tertentu agar memuluskan rencana dan mendapat banyak dukungan dari masyarakat.

Kebebasan Palsu Itu Melakukan Tindakan Otoriter
Kebebasan merupakan suatu hak yang dimiliki manusia untuk hidup seperti layaknya burung-burung yang bebas terbang di langit biru. akan tetapi, kadangkala memang kebebasan harus dibatasi agar tidak terlalu jauh dan mengeser kebebasan orang lain. kebebasan yang didasari atas dasar menguntungkan atau tidak adalah hal yang tidak dibenarkan. contoh paling umum adalah kebebasan berpendapat, dalam Film Alif Lam Mim, diceritakan bahwa kebebasan berpendapat memiliki nilai bagi golongan tertentu, seperti apakah pendapat tersebut menyudutkannya atau merangkulnya. jika satu pendapat dapat merugikan bahkan menyudutkan sikap penguasa yang bersalah, maka itu merupakan sebuah ancaman yang harus disingkirkan, sedangkan jika dirasa mengangkat dan mendukung kelompok tertentu diperlakukan secara berbeda.

Yang Salah Adalah Benar, Yang Benar Adalah Salah
Kebenaran Paradoks memang sering terjadi di kehidupan nyata, apalagi di era dengan teknologi super cepat ini, apapun bisa saja terjadi. efeknya berimbas pada kebenaran itu sendiri, seperti apa yang salah di golongan tertentu bisa jadi benar di hadapan golongan lain atau sebaliknya. ini membuat kondisi yang membinggungkan. akan sangat rawan masyarakat di era modern saat ini untuk melakukan hal yang salah seperti mendukung yang dianggap dan terlihat benar di mata mereka padahal sebenarnya adalah salah. 

Seperti contoh dalam adegan Film Alif Lam Mim yang memperlihatkan bahwa masyarakat yang terpengaruh akan opini bahwa yang beragama apalagi terlihat melabeli suatu agama tertentu dengan istilah penebar kebencian, penebar teroris, dan semacamnya, padahal belum tentu kebenaran absolut berkata demikian. dalam film ini menyampaikan moral untuk melihat permasalahan bukan dari satu sudut pandang, namun melihat dari beragam sisi dan menyimpulkan siapa yang menjadi pihak yang pantas untuk dibela.

Virus Komputer Terkadang Diciptakan Anti Virus Itu Sendiri
Walaupun ini merupakan teori konspirasi dalam dunia IT yang sudah usang, namun tidak sepenuhnya salah juga. adakalanya sebuah permasalah dibuat agar si penuntas pemasalahan terlihat bagus dan bisa digunakan sebagai panutan. inilah yang juga terjadi di belahan bumi manapun, sayangnya orang-orang awam yang tidak mau mengerti akan terkena jebakan semacam ini lebih mudah ketimbang orang yang kritis dan selalu mencari kebenaran. dalam Film Alif Lam Mim justru penonton dihadapkan kepada situasi yang emosional dan mengejutkan, siapa yang tidak terkejut mendengar bahwa isu teroris hanya umpan untuk mempertahankan edeologi penguasa yang memang mereka sendiri yang melakukan pengeboman Candi Cafe dan menyebut mereka sebagai "anti terorisme".

Comments

Popular posts from this blog

Sakurasou no Pet na Kanojo setelah episode 24

Sakurasou no Pet na Kanojo ( さくら荘のペットな彼女) atau dalam bahasa indonesia artinya Pasangan Gadis Piaraan di Sakurasou adalah sebuah serial anime yang cukup booming tahun 2014 sampai 2015. didistribuskikan oleh JC. Staff sebagai studio pembuat anime ini. dengan munculnya 24 episode, Sakurasou merupakan anime romance paling populer kala itu. bagi para pengemar anime ini, apakalah kalian ingat ending anime ini? jika kalian menganggap ending anime adalah ending dari cerita, kalian salah. Sakurasou merupakan adaptasi Light Novel dengan judul dan cerita yang sama persis. di anime, Sakurasou hanya mengambil volume 1 - 6  dan sedikit volume 7 di awal-awal saja. sedangkan volume keseluruhan novel Sakurasou adalah sampai volume 10. berarti mungkin kita ketinggalan 12 episode yang tidak akan kita pernah tonton di anime. apakah para penonton baru menyadari hal ini? Kehadiran karakter baru, suasana semester baru, dan cerita baru. terlewat begitu saja. sayangnya lagi, kita tidak akan pernah mendapatkan

Mengungkap Hal Menakjubkan di Film District 9

District 9 (2009) adalah salah satu film Sci-Fi yang ditulis Neil Blompkamp dan di distribusikan oleh Sony Pictures. penceritaan yang terkesan indie dari film District 9 membuat atmosfer-nya hampir sama seperti film Chappie yang dirilis pada tahun 2015. Uniknya, pada tahun 2008, Neil Blompkamp pernah merilis short film berjudul "Alive in Joburg" dengan konsep penceritaan yang hampir sama seperti District 9. kemungkinan seluruh cerita dari District 9 memiliki penceritaan yang didasari dari cerita Alive in Joburg. Film ini menceritakan serangkaian aksi dari seorang manusia bernama Wikus van De Merwe dan alien yang memiliki nama terjemahan Christopher Johnson dalam bahasa manusia, hal ini membuat film semakin unik dan berbeda dari film alien pada umumnya, namun bukan hal itu saja yang membuat film ini unik. Dalam film tersebut, cerita dimulai seakan memiliki alur maju, namun sebenarnya film tersebut memiliki alur cerita yang mundur, yaitu dimulai dari perbincangan narasumber dan

Cerita Tentang Rasa Kesepian dan Penasaran di Manga Star Strings Yori

Star Strings Yori atau From Star Strings adalah sebuah manga Oneshot (manga yang dibuat dengan cerita tidak ada lanjutannya) ditulis oleh Akihito Tsukushi, juga seorang pembuat cerita di Manga Made in Abyss, pembaca bisa membaca pembahasan spoiler Made in Abyss disini. Star Strings Yori dirilis pada 14 Agustus 2011, meskipun dirilis terlebih dahulu daripada karya Made in Abyss-nya, manga Star Strings Yori kurang mendapatkan perhatian dan banyak orang-orang yang belum tahu mengenai manga tersebut. Menceritakan mengenai seorang gadis kecil yang hidup di planet indah layaknya negeri dongeng. dia bernama Kororu, hidup sendirian dengan kemampuan bertahan hidup yang mumpuni. sayangnya, keahlian dan planet dongeng miliknya mempunya satu kekurangan yang fatal. kekurangan tersebut adalah tidak ada siapapun disana kecuali gadis tersebut. Kororu pun tidak paham kenapa hanya ia yang hidup sendirian disana, yang dia ingat hanya namanya dan kemampuan bertahan hidupnya. singkat cerita, pada malam h