Beberapa artikel dan cuplikan gambar memuat konten dan isi mengenai jalan cerita. disarankan untuk menonton, membaca, atau memainkan segala bentuk cerita yang akan anda baca disini!

8/26/20

Mengungkap Hal Menakjubkan di Film District 9

District 9 (2009) adalah salah satu film Sci-Fi yang ditulis Neil Blompkamp dan di distribusikan oleh Sony Pictures. penceritaan yang terkesan indie dari film District 9 membuat atmosfer-nya hampir sama seperti film Chappie yang dirilis pada tahun 2015. Uniknya, pada tahun 2008, Neil Blompkamp pernah merilis short film berjudul "Alive in Joburg" dengan konsep penceritaan yang hampir sama seperti District 9. kemungkinan seluruh cerita dari District 9 memiliki penceritaan yang didasari dari cerita Alive in Joburg. Film ini menceritakan serangkaian aksi dari seorang manusia bernama Wikus van De Merwe dan alien yang memiliki nama terjemahan Christopher Johnson dalam bahasa manusia, hal ini membuat film semakin unik dan berbeda dari film alien pada umumnya, namun bukan hal itu saja yang membuat film ini unik. Dalam film tersebut, cerita dimulai seakan memiliki alur maju, namun sebenarnya film tersebut memiliki alur cerita yang mundur, yaitu dimulai dari perbincangan narasumber dan cuplikan video dari "kontak pertama dengan alien" yang sudah terjadi lama sekali. jadi di awal film, penonton sudah disajikan sebuah dokumenter dimana kejadian Wikus dan Christoper sudah lama terjadi. kita semua tahu, film ini akan merujuk kemana. tentu, kemungkinan District 9 akan mengarah ke dystopia jika sequel nya dilanjutkan, sayangnya kita masih belum dapat informasi sequel dari film ini. jika para pembaca yang masih belum paham dengan istilah dystopia, bisa membaca artikel berikut.

Sebelum kalian membaca beberapa adegan yang tidak kalian sadari adalah suatu poin dari beberapa penjelasan film. mari kita kembali mengingat alur cerita di film ini. awal cerita, sebuah ufo besar tiba-tiba turun ke Bumi, tidak seperti film hollywood pada umumnya yang sebagian besar berlatar tempat amerika, kapal ufo ini justru turun di pemukiman sekitaran afrika selatan, di provinsi Gauteng bernama Johanesburg. lantas apakah ini membuat kepanikan di masyarakat? tentu, hanya saja kapal tersebut hanya melakukan pendaratan tanpa melakukan aktivitas apapun. yang banyak muncul di pikiran sebagian orang mungkin menganggap ini adalah invansi alien atau pemusnahan masal. sayangnya, selama kurun waktu 3 tahun, kapal ufo tersebut masih diam layaknya batu yang mengambang. 

Penyelidikan lebih jauh, memaksa institut yang berwenang ingin meneliti kedalam kapal. mereka adalah MNU (Multi National United) yang dikembangkan untuk melakukan riset antara spesies manusia dan non-spesies. MNU sebagaimana di film melakukan tugas mulia dengan menyelamatkan para alien yang diketahui kelaparan dalam kapal ufo tersebut, sayangnya itu hanyalah sebuah cover dari agenda lain yang sebenarnya adalah pengambilan sampel teknologi dari para alien yang dinamai oleh orang-orang disana sebagai "Prawns" karena bentuk fisik dari alien tersebut hampir sama seperti udang. para prawns, memiliki intelegensi yang sama seperti manusia, bahkan sebagian besar dari mereka sudah memahami bahasa inggris sejak kurun waktu 20 tahun terakhir tepat setelah "kontak pertama dengan alien" terjadi. 

Yang Mengejutkan, didalam kapal, para relawan yang berani masuk kedalam kapal menemukan jutaan jiwa prawns yang kelaparan. membuat kesimpulan bahwa mereka, para alien ini datang ke Bumi tidak untuk melakukan invansi, namun melakukan pendaratan darurat karena sesuatu hal yang nanti akan coba GaPaham FILM simpulkan. prawns yang kelaparan dialihkan ke daratan, namun karena dianggap sangat berbahaya jika mereka tinggal bersamaan dengan manusia, mereka akhirnya ditempatkan dalam suatu distrik yang dikenal sebagai district 9.

Film diakhiri dengan adegan Christoper yang berhasil menghidupkan kapal dan pergi dari Bumi dengan kabur menggunan pesawat dropship dari kapal ufo tersebut, diikuti dengan sorakan rakyat Johanesburg. lalu, mengapa MNU malah seolah ingin para prawns tinggal kalau begitu? tapi juga melakukan penggusuran, atau kenapa MNU tidak mengizinkan para prawns untuk kembali naik kedalam kapal ufo? atau mengapa Wikus menjadi setegah prawns? sebelum GaPaham FILM menjawab semua pertanyaan tersebut, mohon pembaca untuk membaca poin per poin dari penjelasan yang akan GaPaham FILM sajikan.

Pengembangan Bioteknologi

Dari semua jalan cerita yang ada di film, salah satu yang membuat unik adalah semua karakter memiliki penokohan yang ambigu. salah satu contohnya, Wikus yang menjadi salah satu anggota dari MNU yang kemudian secara tiba-tiba membantu para Crawns, yang sebelumnya tujuannya hanya ingin sembuh dengan meminjam teknologi yang dimiliki prawns. contoh lainnya yaitu kehadiran MNU yang dianggap orang-orang sebagai pihak yang berjasa telah menetralkan dan mengamankan daerah Johanesburg, ternyata tidak sesuai apa yang mereka pikirkan, melihat dari MNU yang melakukan mutilasi terhadap para prawns bahkan juga Wikus.

Jawaban dari apa yang sebenarnya terjadi di district 9 adalah eksperimen gelap manusia kepada para prawns yang terdampar dengan alih-alih membantu mereka. lebih jelasnya MNU sangat terobsesi dengan teknologi prawns, dan tidak igin melewatkan kesempatan dari suatu koloni alien yang sedang terdampar. MNU berusaha beragam cara mengembangan teknologi militer milik prawns. pekerjaan kotor yang dilakukan MNU tentu bukan merupakan suatu hal yang benar, hanya saja kebanyakan orang-orang saat itu tidak begitu mengetahui siapa dan apa MNU itu sebenarnya. setelah kejadian district 9. pakar mengungkapkan bahwa keterkaitan MNU sebagai produsen senjata dan observasi alien yang melatarbelakangi pekerjaan kotor tersebut. dengan embel-embel semua tindakan prawns yang merugikan MNU akan dianggap sebagai tindakan ilegal.

Seperti yang penonton ketahui, prawns memiliki teknologi beberapa langkah lebih maju daripada teknologi manusia. bahkan Christopher dengan mudahnya menggunakan teknologi komputer manusia untuk memuluskan rencananya kabur kepal ufo yang sudah diam 20 tahun. senjata para prawns kemungkinan menggunakan teknologi plasma dan listrik, termasuk granat yang dipakai oleh prawns. semua senjata mereka diketahui lebih berbahaya dari senjata api yang dimiliki manusia. teknologi pesawat yang dipakai oleh prawns sudah pada tahap anti-gravitasi dimana manusia mungkin perlu ribuan tahun untuk bisa membuat teknologi semacam itu. sebagian besar teknologi prawns adalah bio teknologi yang artinya, teknologi tersebut hanya dapat dijalankan oleh prawns, itu mengapa manusia tidak akan bisa menggunakan senjata tersebut, kecuali jika kondisi manusia seperti Wikus terjadi.

Siapa dan mengapa Christopher

Ditengah konflik antara manusia dan prawns, Christoper Johnson (nama panggilan di Bumi) hadir dengan intelektual yang berbeda dengan rata-rata prawns pada umumnya, dia memiliki seorang anak. kalian tidak salah baca, Christopher memiliki anak yang kemungkinan hasil aseksual, karena para prawns bisa bereproduksi sendiri yang maksudnya setiap individu dari prawns memiliki kelamin ganda. hal inilah yang membuat MNU cemas akan potensi pemberontakan prawns, maka MNU mengaborsi bayi-bayi prawns dengan membakar setiap telur yang biasa disembunyikan prawns di gubuk.

Christopher, kemungkinan adalah prawns yang telah menjatuhkan pesawat kecil dropship dari kapal ufo. hal ini diperkuat dengan kemampuan engineer dan mekaniknya yang luar biasa. dalam pembahasan mengenai latar belakang prawns sutradara sekaligus penulis cerita menjelaskan bahwa praws merupakan ras alien yang memiliki sistem koloni, itulah mengapa alasan para prawns seolah telihat bodoh karena mereka kehilangan pemimpin, entah pemimpin mereka mati saat dalam perjalanan atau suatu hal yang lebih spesifik adalah virus atau sejenis bakteri yang menginfeksi ratu para prawns. hal ini bukan suatu teori melainkan penjelasan langsung dari sang penulis Neil Blomkamp. jika diamati dari cara prawns melakukan sosial hampir sama dengan koloni semut atau lebah. dan setelah sebuah insiden ketika ratu mereke mati, tentu dalam koloni tersebut seharusnya muncul pemimpin dari kumpulan prawns tersebut, itu mengapa Christopher mulai melakukan pergerakan untuk kabur bersama anak dan temannya, sayangnya temannya tewas ditembak MNU karena melawan saat penggusuran.

Kenapa mereka datang ke Bumi, tidak ke Mars saja?

Dalam sebuah interview MNU dengan Christopher, scene ini bisa dilihat di Youtube, karena GaPaham FILM tidak menemukan cuplikan ini di film original-nya. Christopher menjelaskan bahwa mereka tidak punya pilihan untuk mendarat di Bumi. kembali ke pembahasan sebelumnya yaitu mengenai virus atau bakteri yang menginfeksi ratu prawns, hal ini mungkin berhubungan dengan pendaratan darurat yang dilakukan prawns. kita bisa melihat dari kontak pertama para prawns yang bisa beradaptasi dengan lingkungan Bumi, membuat spekulasi bahwa mereka juga menghirup oksigen. dengan begitu alasan mereka datang ke bumi adalah jelas mencari tempat evakuasi karena di dalam kapal ufo tersebut mereka sedang kelaparan dan kehilangan sumber makanan. faktor lain yang juga membuat mereka ke Bumi dari penjelasan Neil Blompkamp adalah sistem auto pilot dari kapal ufo yang menargetkan planet yang berpotensi memiliki pasokan makanan dan bahan bakar untuk kapal tersebut. ya, lebih tepatnya prawns melakukan emergency landing ke planet yang bisa dihuni dengan baik untuk sementara waktu. jika mereka memilih untuk tinggal ke Mars atau Venus, maka seluruh koloni mereka akan mati karena tidak bisa menemukan sumber makanan.

Alasan kenapa Wikus menjadi Prawns

Alasan kenapa Wikus menjadi Prawns masih belum bisa dijelaskan secara pasti yang diketahui penyebabnya berasal dari sumber daya liquid yang dimiliki alien tersebut. anehnya, sesuatu seperti itu dan sekecil itu merupakan daya yang digunakan untuk menjalankan semua teknologi yang dimiliki prawns. GaPaham FILM menduga liquid tersebut semacam teknologi seperti energi radioaktif milik manusia yang digunakan Prawns untuk menghidupkan segala barang elektronik yang mereka punya. besar potensi bahwa sumber daya mirip energi radiokatif juga hasil bio teknologi, yang artinya energi tersebut mengandung suatu yang berhubungan dengan prawns. ya, hal inilah yang paling memungkinkan mengapa Wikus memiliki DNA prawns.

Kemungkinan yang terjadi setelah Ending

Setelah ending, film menampilkan prawns yang sedang membuat bingkai bunga, intinya, dari salah satu narasumber yaitu istri Wikus, adegan itu menunjukkan bahwa paparan infeksi dari liquid prawns telah mengubah Wikus menjadi prawns sepenuhnya secara fisik. sayangnya, gambaran untuk sequel District 9 masih abu-abu, selain itu Neil Blompkamp masih kebingungan menjelaskan sequel film tersebut, karena dia tidak pernah merencanakan pembuatan sequel. mungkin prequel akan lebih menarik, kata Neil Blompkamp dalam bahasa inggris. ya, mungkin prequel dan sequel film ini, dua-duanya akan ditunggu oleh penonton yang menyukai film tersebut. menurut kalian apa yang akan terjadi setelah Ending?


Lihat Juga
Eksplorasi dan Penjelasan di Dunia Made in Abyss
Mengapa Hanya ada Sembilan Boneka Saja di 9 (2009) animated film?


0 komentar:

Post a Comment