Skip to main content

Star Wars VS Star Trek, Pilih Yang Mana?


Siapa yang tidak menyukai film mengenai luar angkasa, hampir rata rata dari golongan muda sampai tua tentu menyukai genre film semacam ini. tentu penggunaan fiksi ilmiah sangat memberi pengaruh penonton untuk membayangkan seperti apa kehidupan di luar sana. berbicara mengenai film luar angkasa, Star Wars dan Star Trek adalah yang paling melekat namanya. beberapa orang pun mulai membandingkan, apa perbedaan kedua film ini?
 
Star Wars (1977) oleh George Lucas
Star Trek (1979) oleh Genne Rodenberry

PLOT CERITA 
Star Wars memilih untuk berjalan di dunianya sendiri, menggunakan setting waktu sebelum adanya dan terciptanya bumi. film ini sepertinya mengadaptasi dari perang dunia yang terjadi di kehidupan nyata. menggunakan beberapa unsur pemerintahan dan hubungan diplomasi antar wilayah yang ada di angkasa raya. seperti terbentuknya Old Republic dan Jedi dalam perlawanan untuk mengalahkan Sith.

Di galaxy yang jauh ribuan tahun sebelum terciptanya planet yang disebut Bumi, Peradaban mulai berevolusi, dan mengatur galaxy sebagai Kekaisaran Antar Bintang dibuat dari sisa reruntuhan Old Republic yang telah memegang kendali selama beberapa generasi. ini waktu yang tepat untuk perang sipil, selayaknya beberapa sistem tata surya yang telah memisahkan diri dan membawa ke pemberontakan. (Michael Daly diambil dari www.imdb.com berbahasa inggris)


Star Trek menggunakan setting waktu di masa depan yaitu abad ke-24, dimana manusia di bumi sudah dapat menjelajah dan melakukan eksplorasi ke luar angkasa. setelah terjadi perang sipil berkepanjangan. manusia melakukan pengembangan teknologi yang dapat melakukan perjalanan ruang dan waktu dengan menggunakan teknologi yang canggih. bersama dengan Bangsa Vulcan, Bangsa Manusia mulai mencari jati diri untuk saling berdamai dengan mahluk lain di luar sana.

Suatu saat, Bangsa Romulan melakukan penyerangan kepada USS Kelvin,  George Kirk menyerahkan gelar kaptennya, dengan melakukan pertemuan dengan Bangsa Romulan di kapalnya untuk melakukan negosiasi gencatan senjata. Dia memerintahkan untuk evakuasi karena kapal telah rusak berat, termasuk istrinya yang sedang mengandung dan saat itu sedang ingin melahirkan anaknya James Kirk, dan menabrakkan USS Kelvin ke kapal musuh. (Blazer346 diambil dari www.imdb.com berbahasa inggris)

DESAIN PESAWAT 

Desain pesawat pada kedua film memiliki ciri khas sendiri. namun terdapat beberapa kesamaan yaitu masih dalam pengaruh fiksi ilmiah, karena belum ada teknologi yang menyerupai pesawat dari kedua film tersebut. dibutuhkan beberapa ratus tahun untuk dapat mengaplikasi pengambaran pada kedua film tersebut, beberapa contohnya adalah :

  1. Teleportasi
  2. Kendaraan Kecepatan Cahaya
  3. Planet Buatan
Dalam Star Wars dipertunjukkan bebagai armada perang yang beragam bahkan terdapat jet tempur, contoh adalah x-wing dan TIE. beberapa Spaceship memiliki ukuran seluas sebuah kotacontohnya Super Destroyer yang dimiliki oleh Galactic Empire. desain dari pesawat Star War digunakan paling banyak untuk medan pertempuran skala kecil atau besar.Pesenjataan Laser dan Plasma
Dalam film Star Trek, USS Enterprise adalah pesawat unggulan yang digunakan sebagai eksplorasi layaknya sebuah kapal (Spaceship) yang diluncurkan secara terbatas, karena Spaceship ini tidak didesain dalam pertempuran akbar. USS Enterprise memiliki beberapa varian, beberapa terlihat besar dan beberapa lainnya terlihat sangat besar juga, beberapa varian awal terlihat lebih kecil seperti USS Franklin. setiap Spaceship memiliki anggota (crew) berjumlah rata rata 100 orang dan dapat menampung lebih dari 700 penumpang.

PERSENJATAAN 
 
Star Wars memiliki keunggulan yang bisa disikapi dengan serius, ini bisa dilihat dari penggunaan senjata yang digunakan dalam setiap adegan. penggunaan kontrol atas komputer sangat maju membuat senjata yang digunakan sangat berbahaya. beberapa senjata termasuk sinar laser dapat menghancurkan sebuah planet.

Star Trek memiliki keunggulan dalam kontruksi dalam persenjataan. karena persenjataan dalam film ini tidak sebagai kontes untuk saling berperang. senjata digunakan untuk melindungi awak kapal dan basis-basis yang telah tersebar. namun, beberapa senjata kimia muncul sebagai senjata yang berbahaya, seperti torpedo proton dan Bioweapon yang dapat  menghancurkan sebuah kota.

PENGGEMAR
Diambil dari tulisan Kevin Anderton di www.forbes.com mengenai tanggapan dari masing masing fans yang menonton kedua serial film ini, Star Wars memiliki jumlah penonton yang lebih banyak. beberapa menganggap Star Wars merupakan film fiksi ilmiah yang keren, dan menceritakan bahwa suatu hari terdapat kelompok yang menentang kekuasaan yang jahat dengan terus bertempur sampai darah penghabisan. sedangkan, beberapa orang menganggap Star Trek adalah fiksi ilmiah yang cukup masuk akal, dengan melibatkan konflik budaya dan ras dari berbagai sistem tata surya. bagaimana dengan anda?

Comments

Popular posts from this blog

Sakurasou no Pet na Kanojo setelah episode 24

Sakurasou no Pet na Kanojo ( さくら荘のペットな彼女) atau dalam bahasa indonesia artinya Pasangan Gadis Piaraan di Sakurasou adalah sebuah serial anime yang cukup booming tahun 2014 sampai 2015. didistribuskikan oleh JC. Staff sebagai studio pembuat anime ini. dengan munculnya 24 episode, Sakurasou merupakan anime romance paling populer kala itu. bagi para pengemar anime ini, apakalah kalian ingat ending anime ini? jika kalian menganggap ending anime adalah ending dari cerita, kalian salah. Sakurasou merupakan adaptasi Light Novel dengan judul dan cerita yang sama persis. di anime, Sakurasou hanya mengambil volume 1 - 6  dan sedikit volume 7 di awal-awal saja. sedangkan volume keseluruhan novel Sakurasou adalah sampai volume 10. berarti mungkin kita ketinggalan 12 episode yang tidak akan kita pernah tonton di anime. apakah para penonton baru menyadari hal ini? Kehadiran karakter baru, suasana semester baru, dan cerita baru. terlewat begitu saja. sayangnya lagi, kita tidak akan pernah mendapatkan

Mengungkap Hal Menakjubkan di Film District 9

District 9 (2009) adalah salah satu film Sci-Fi yang ditulis Neil Blompkamp dan di distribusikan oleh Sony Pictures. penceritaan yang terkesan indie dari film District 9 membuat atmosfer-nya hampir sama seperti film Chappie yang dirilis pada tahun 2015. Uniknya, pada tahun 2008, Neil Blompkamp pernah merilis short film berjudul "Alive in Joburg" dengan konsep penceritaan yang hampir sama seperti District 9. kemungkinan seluruh cerita dari District 9 memiliki penceritaan yang didasari dari cerita Alive in Joburg. Film ini menceritakan serangkaian aksi dari seorang manusia bernama Wikus van De Merwe dan alien yang memiliki nama terjemahan Christopher Johnson dalam bahasa manusia, hal ini membuat film semakin unik dan berbeda dari film alien pada umumnya, namun bukan hal itu saja yang membuat film ini unik. Dalam film tersebut, cerita dimulai seakan memiliki alur maju, namun sebenarnya film tersebut memiliki alur cerita yang mundur, yaitu dimulai dari perbincangan narasumber dan

Cerita Tentang Rasa Kesepian dan Penasaran di Manga Star Strings Yori

Star Strings Yori atau From Star Strings adalah sebuah manga Oneshot (manga yang dibuat dengan cerita tidak ada lanjutannya) ditulis oleh Akihito Tsukushi, juga seorang pembuat cerita di Manga Made in Abyss, pembaca bisa membaca pembahasan spoiler Made in Abyss disini. Star Strings Yori dirilis pada 14 Agustus 2011, meskipun dirilis terlebih dahulu daripada karya Made in Abyss-nya, manga Star Strings Yori kurang mendapatkan perhatian dan banyak orang-orang yang belum tahu mengenai manga tersebut. Menceritakan mengenai seorang gadis kecil yang hidup di planet indah layaknya negeri dongeng. dia bernama Kororu, hidup sendirian dengan kemampuan bertahan hidup yang mumpuni. sayangnya, keahlian dan planet dongeng miliknya mempunya satu kekurangan yang fatal. kekurangan tersebut adalah tidak ada siapapun disana kecuali gadis tersebut. Kororu pun tidak paham kenapa hanya ia yang hidup sendirian disana, yang dia ingat hanya namanya dan kemampuan bertahan hidupnya. singkat cerita, pada malam h