Skip to main content

Dunia Macam Apa yang Ada di Mune: Guardian of The Moon?


Membayangkan bentuk dari dunia memang tidak akan ada habisnya untuk membuat seseorang merasa penasaran. namun, bagaimana jika terdapat sebuah dunia fantasi dimana matahari dan bulan menjadi keberadaan yang berbeda dari yang kita semua tahu. Film Mune: Guardian of The Moon merupakan film yand dibuat tahun 2014 oleh Orange Studio yaitu studio asal negara Perancis. disutradarai oleh Alexandre Heboyan dan Benoît
Philippon selaku wakil sutradara, namun dari pengetahuan GaPaham FILM, Jérôme Fansten adalah orang utama yang berpengaruh dalam pembuatan cerita di film ini selaku penulis cerita.

Cerita dari film ini diceritakan unik layaknya sebuah dongeng. karakter dalam film memang sangat imajinatif, maka dari itu GaPaham Film akan menyebutnya sebagai "penghuni" bukan "seseorang". Baiklah, dahulu kala terdapat penghuni yang menjadi pahlawan karena telah menarik sebuah matahari untuk menyinari planet yang tertutup kegelapan benjadi terang, sedangkan dari dunia mimpi, pahlawan berbeda telah membawa batu bersinar yang dipahatnya menjadi apa yang disebut sebagai bulan. dan ya, ilmu sistem astronomi yang kita ketahui menjadi samar. dimana di dunia fantasi ini, matahari dan bulan menjadi mengelilingi planet yang kemungkinan merupakan penggambaran Bumi.

Dari beberapa cerita dari film yang sudah dijelaskan diatas, maka timbul beberapa pertanyaan dengan tanda tanya, apa yang sebenarnya terjadi di dunia ini? dimana semua manusia, dan kenapa matahari dan bulan menjadi suatu objek yang dapat dikendalikan? beberapa pembaca GaPaham FILM yang belum menonton film ini mungkin menganggap ini adalah salah satu bagian dari propaganda bumi datar, mungkin?

Namun, sebelum para pembaca menduga-duga lebih jauh. Jérôme Fansten selaku penulis di film ini memberikan sedikit penjelasan mengenai dunia imajinasi yang dibuatnya. 

seperti dibawah ini :

Sumber : medias.unifrance.org

Jadi, dari dari pemikiran Jérôme Fansten sebagai pembuat cerita mendapat ide pembuatan Mune: Guardian of The Moon dari sebuah Live-Action. Alex mempunyai karangan mengenai dunia dimana penghuni di tempat tersebut dapat membawa Bulan sebagai suatu objek sakral. Imajinasi Jérôme Fansten, adalah dimana karakter utama dan penonton film dapat merasakan lebih dalam mengenai dunia tersebut yaitu dimana Matahari dan Bulan menjadi benda sakral dimana benda tersebut tidak berada jauh dari apa yang dilihat. atau bisa disimpulkan dunia di film ini adalah "Magical World", yaitu dunia imajinatif yang tidak terikat oleh logika dan realitas yang selama ini ada di dunia kita. semua peraturan dunia ini hanya terikat oleh imajinasi sang pengarang.

Film Mune: Guardian of The Moon adalah hasil dunia imajinasi dari pengarang, dunia dimana terdapat mahluk-maluk unik di planet yang berkehidupan. layaknya seperti cerita dalam Kung Fu Panda atau How To Train Your Dragons. menurut GaPaham FILM, karakter Mune sebagai tokoh utama, hampir mirip dengan beberapa karakter dua film lain yang sudah disebutkan, misalnya bercerita mengenai seorang yang dianggap sebagai lemah dan tidak berguna ternyata memiliki peran penting di situasi yang buruk, walaupu Mune mempunyai ciri khasnya sendiri. awalnya, GaPaham FILM menganggap Mune adalah seekor kera biru, namun setelah ditelusuri lebih lanjut, Mune adalah seekor Faun, yaitu mahluk mitologi berbentuk setengah kambing dan manusia.

Kemudian, dunia macam apa yang ada di Mune: Guardian of The Moon? Tentu, dunia dimana semua adalah mimpi-mimpi yang ada dalam kehidupan manusia, dunia dimana semua saling melengkapi yang pengambarannya adalah lewat batas waktu antara Matahari dan Bulan. sebenarnya, di dalam dunia ini memungkinkan ada bentuk-bentuk kiasan dari latar tempat dan situasi. Bulan yang disebutkan sebagai ketulusan, dan Matahari yang disebutkan sebagai ketegasan. dua sifat berbeda ini saling melengkapi satu sama lain, dan itu harus ada dalam diri para penjaga (Guardian). Matahari ataupun Bulan. Kedua Penjaga menjaga satu tempat dengan waktu yang berbeda, dan begitulah arti saling berbagi dan berkerja sama. Penceritaan film berfokus pada segi moral, yaitu mengenai kebencian dan ketulusan. bisa dilihat dari karakter ular-ular yang merupakan simbol dari kebencian itu sendiri. bagaimana dengan para pembaca? apakah pembaca memiliki kesimpulan berbeda dari apa yang telah dipaparkan disini setelah menonton film ini?



Comments

Popular posts from this blog

Sakurasou no Pet na Kanojo setelah episode 24

Sakurasou no Pet na Kanojo ( さくら荘のペットな彼女) atau dalam bahasa indonesia artinya Pasangan Gadis Piaraan di Sakurasou adalah sebuah serial anime yang cukup booming tahun 2014 sampai 2015. didistribuskikan oleh JC. Staff sebagai studio pembuat anime ini. dengan munculnya 24 episode, Sakurasou merupakan anime romance paling populer kala itu. bagi para pengemar anime ini, apakalah kalian ingat ending anime ini? jika kalian menganggap ending anime adalah ending dari cerita, kalian salah. Sakurasou merupakan adaptasi Light Novel dengan judul dan cerita yang sama persis. di anime, Sakurasou hanya mengambil volume 1 - 6  dan sedikit volume 7 di awal-awal saja. sedangkan volume keseluruhan novel Sakurasou adalah sampai volume 10. berarti mungkin kita ketinggalan 12 episode yang tidak akan kita pernah tonton di anime. apakah para penonton baru menyadari hal ini? Kehadiran karakter baru, suasana semester baru, dan cerita baru. terlewat begitu saja. sayangnya lagi, kita tidak akan pernah mendapatkan

Mengungkap Hal Menakjubkan di Film District 9

District 9 (2009) adalah salah satu film Sci-Fi yang ditulis Neil Blompkamp dan di distribusikan oleh Sony Pictures. penceritaan yang terkesan indie dari film District 9 membuat atmosfer-nya hampir sama seperti film Chappie yang dirilis pada tahun 2015. Uniknya, pada tahun 2008, Neil Blompkamp pernah merilis short film berjudul "Alive in Joburg" dengan konsep penceritaan yang hampir sama seperti District 9. kemungkinan seluruh cerita dari District 9 memiliki penceritaan yang didasari dari cerita Alive in Joburg. Film ini menceritakan serangkaian aksi dari seorang manusia bernama Wikus van De Merwe dan alien yang memiliki nama terjemahan Christopher Johnson dalam bahasa manusia, hal ini membuat film semakin unik dan berbeda dari film alien pada umumnya, namun bukan hal itu saja yang membuat film ini unik. Dalam film tersebut, cerita dimulai seakan memiliki alur maju, namun sebenarnya film tersebut memiliki alur cerita yang mundur, yaitu dimulai dari perbincangan narasumber dan

Cerita Tentang Rasa Kesepian dan Penasaran di Manga Star Strings Yori

Star Strings Yori atau From Star Strings adalah sebuah manga Oneshot (manga yang dibuat dengan cerita tidak ada lanjutannya) ditulis oleh Akihito Tsukushi, juga seorang pembuat cerita di Manga Made in Abyss, pembaca bisa membaca pembahasan spoiler Made in Abyss disini. Star Strings Yori dirilis pada 14 Agustus 2011, meskipun dirilis terlebih dahulu daripada karya Made in Abyss-nya, manga Star Strings Yori kurang mendapatkan perhatian dan banyak orang-orang yang belum tahu mengenai manga tersebut. Menceritakan mengenai seorang gadis kecil yang hidup di planet indah layaknya negeri dongeng. dia bernama Kororu, hidup sendirian dengan kemampuan bertahan hidup yang mumpuni. sayangnya, keahlian dan planet dongeng miliknya mempunya satu kekurangan yang fatal. kekurangan tersebut adalah tidak ada siapapun disana kecuali gadis tersebut. Kororu pun tidak paham kenapa hanya ia yang hidup sendirian disana, yang dia ingat hanya namanya dan kemampuan bertahan hidupnya. singkat cerita, pada malam h