Skip to main content

Yang Sebenarnya Terjadi di Dunia Adventure Time


Adventure Time adalah sebuah kartun yang digemari oleh kalangan anak-anak bahkan juga para orang dewasa. grafiknya yang friendly dan pembawaannya yang ramah membuat kartun rilisan Cartoon Network ini mulai cukup terkenal. season pertamanya dirilis pada tahun 2010 dengan tokoh utamanya yaitu Finn si manusia dan Jake si anjing. cerita dan konsep dikelola oleh Pendleton Ward yang memenangkan penghargaan Emmy, yaitu penghargaan acara televisi berbasis sains dan teknologi. tentu para anak-anak yang menonton kartun ini kemungkinan tidak terlalu paham dengan apa yang sebenarnya kartun ini ingin sampaikan. layaknya seperti pembahasan sebelumnya, yaitu pesan tersembunyi di Gravity Falls, Adventure time juga memiliki beberapa pencertiaan yang terlalu kelam untuk disampaikan kepada anak-anak. Adventure Time memiliki season hingga sepuluh. tentu, melihat banyaknya season tersebut sangat jelas bahwa kartun ini memungkinkan untuk menggambarkan beberapa karakternya dengan cukup detail dan rinci. 

Untuk para penonton yang hanya menonton sekilas kartun ini, mungkin akan menganggap beberapa karakter lucu seperti anjing yang bisa berbicara, istana kue, dan dunia yang terlihat sangat fantasi sebagai cerita yang memang dikhususkan untuk anak-anak, dan itu tidak sepenuhnya benar. cerita yang dibawa oleh Adventure Time cukup kompleks dan memiliki bobot cerita yang berat. Beberapa episode yang berdampak besar pada sebagian jalannya cerita Adventure time dalam penceritaan mengenai apa yang terjadi di bumi adalah episode bernama "Gold Star", "Crossover","Evergreen", "Simon&Marcy", dan "Myterious Island".

Adventure Time Mengadaptasi Dari Sebagian Kecil Ajaran Hindu

pembawaan konsep cerita yang dibawa katun ini lebih terlihat seperti condong ke arah hinduism atau ajaran hindu yang kemudian dipadukan dengan sains, sebagian contoh adalah reinkarnasi kehidupan Finn yang sebelumnya adalah kupu-kupu, terdapatnya adanyany mahluk-mahluk chaos atau penghancur yang disebut sebagai dewa dan monster. untuk itu, untuk memahami apa yang terjadi di bumi di kartun ini. pembaca harus dapat memahami bahwa penceritaan berjalan dengan beberapa unsur ajaran hindu didalamnya.

Entity Yang Sudah Ada Sebelum Semuanya Ada, Penjelasan Pertama Dunia

Setelah memahami konsep cerita. mari kita merujuk ke salah satu karakter yang kemunculannya hanya dua kali di Adventure Time, yaitu di episode "Puhoy" dunia bantal dan "Come along with me". GOLB merupakan Entity (Entity artinya Sesuatu) yang hidup dalam dimensi kehampaan dan ketiadaan. GOLB muncul secara jelas di season 10, tepatnya di episode "Come along with me" dan muncul di detail buku jurnal simon yang membahas tentang GOLB dengan bahasa yang tidak dimengerti, di samping kanan lembar tersebut juga terdapat deskripsi mengenai Malus, yang kemungkinan merupakan Entity Perusak lainnya yang tidak dimuncukanl di serial kartun atau masih belum juga dibahas di fandom-nya. Jika dilihat dari segi bentuk dan pengambaran Malus merujuk pada Dewa Abraxas. hal ini diperkuat dengan diskusi disini diskusi reddit.

Terdapat dewa-dewa yang sudah diketahui yaitu Mr. Prismo, Grob Gob Glod Grod, Cosmic Owl, Death, Life, dan lainnya. beberapa diantara sudah ada sebelum waktu ada, menandakan bahwa mereka merupakan kasta dari dewa yang tinggi, diantaranya yaitu Grob Gob Glod Grod, Lich dan Orgalorg (Gunter), Cosmic Owl merupakan entity yang sudah ada sebelum waktu ada. sedangkan GOLB diketahui merupakan entity yang berada jauh di dimensi yang berbeda. tujuan GOLB adalah menjadi dewa penghancur dan pemusnah kehidupan dengan mencari dimensi-dimensi yang ia temui, tujuannya ini diikuti oleh Lich dan Orgalorg (Orgalorg gagal dan menjadi Gunter si pinguin). hal ini dijelaskan oleh Lich pada episode "Gold Star" yang saat itu Lich sudah berubah menjadi Sweet P.

Dari pembahasan panjang tersebut, kesimpulannya dunia di Adventure Time dibangun oleh beberapa dewa dan entity kosmik yang turut ikut menjaga sistem dunia berjalan, termasuk mimpi, kematian dan kehidupan. terdapat juga entity kosmik yang merusak bahkan memusnakan kehidupan di alam semesta bahkan di dimensi yang manusia tempati. penggambaran dewa-dewa tersebut ternyata bukan hanya diambil dari ajaran hindu saja, namun juga dewa yang terdapat di yunani kuno, yaitu dengan adanya penggambaran kecil Malus si Dewa Abraxas.

Yang terjadi di Masa Finn dan Jack, Komet Katalis, dan Perang Nuklir

Yang terjadi pada dunia Adventure Time adalah fenomena yang terjadi secara berurutan mengubah bumi yang awalnya terbatas menjadi sebuah dunia sihir. ini terjadi diawali dari kemunculan Elemental di masa purba dinosaurus. kemudian Evergreen yang menyelamatkan diri dari Komet Katalis Hijau yang merupakan reinkarnasi dari Lich. GaPaham FILM menduga bahwa Komet Katalis adalah sebuah unsur atom dari nuklir yang nantinya digunakan manusia untuk melakukan perang bom nuklir. sebelum bom nuklir terjadi, Simon seorang arkeolog cerdas menyimpan barang-barang kuno yang ia temukan termasuk mahkota Evergreen. alih-alih digunakan untuk penelitian mahkota tersebut mengubah simon menjadi gila dan berumur panjang hingga dikenal sebagai Ice King yang dikenal Finn dan Jack.

Perang nuklir (Mushroom War) mengakibatkan dunia kacau balau hingga merusak seperempat planet bumi. amerika mulai tenggelam menjadi pulau yang dinamakan sebagai Ooo. eksistensi manusia mulai memudar, dibarengi dengan hantaman komet kedua yaitu komet katalis biru yang merupakan reinkarnasi dari Finn. dunia yang hancur akibat perang nuklir tumbuh kembali karena hantaman komet katalis biru menjadi sebuah dunia sihir. hidupnya Putri Bubblegum dan hewan hewan menjadi bermutasi nantinya dapat berbicara seperti Jermaine. semua itu diakibatkan oleh perang nuklir dan tabrakan komet katalis biru ke bumi.

Setelah bumi yang dulunya merupakan era manusia yang kini menjadi dunia fantasi. Para rainicorn yang merupakan alien dari Dimensi Kristal berkunjung ke Bumi untuk memangsa manusia. bukan hanya itu, para Vampir juga mulai memangsa para manusia. manusia yang selamat dari perang nuklir harus berkamuflase dengan menggunakan penutup kepala seperti binatang unruk menghindari keduanya. kostum hewan ini digunakan juga oleh Finn yang memakai topi beruang salju. pada episode "Simon&Marcy" dijelaskan bahwa Simon berhasil selamat dengan membawa seorang anak setengah iblis bernama Marceline. Simon mulai menjadi Ice King dan meninggalkan Marceline untuk dirawat oleh ayah kandungnya yaitu Hunson dari dunia iblis yang datang ke bumi dan menikah dengan manusia.

Disisi lain, para permen yang dapat berbicara atau  juga kerajaan permen adalah buatan Putri Bubblegum. konsep kerajaan awalnya ditemukan oleh paman Bubblegum yang ia hidupkan sendiri dengan teknologi buatannya. hal ini nantinya memicu perang saudara antar kerajaan permen setelah Bubblegum menjadikan pamannya sebagai bidak permen.

Seribu tahun setelah Adventure Time

+1000 tahun selelah Adventure Time Season 10, merupakan penggambaran dari dunia baru dari Adventure Time bahkan duaribu tahun setelah perang nuklir. banyak yang berubah. Finn dan Jack telah tiada, kerjaan permen kacau balau dan banyak perang antar keturunan Jack si anjing dengan Ras Cuber dan Gunter yang menjadi Ice Thing. untuk jalan cerita pada masa ini masih belum begitu jelas karena hanya sebagai pelengkap dari penutup Adventure Time Season 10. Tokoh utama yang tadinya Finn dan Jack diganti menjadi Shermy dan Beth. di masa ini juga masih ada BMO dan Sweet P. namun banyak dari para karakter di Adventure Time yang telah tiada.

Comments

Popular posts from this blog

Sakurasou no Pet na Kanojo setelah episode 24

Sakurasou no Pet na Kanojo ( さくら荘のペットな彼女) atau dalam bahasa indonesia artinya Pasangan Gadis Piaraan di Sakurasou adalah sebuah serial anime yang cukup booming tahun 2014 sampai 2015. didistribuskikan oleh JC. Staff sebagai studio pembuat anime ini. dengan munculnya 24 episode, Sakurasou merupakan anime romance paling populer kala itu. bagi para pengemar anime ini, apakalah kalian ingat ending anime ini? jika kalian menganggap ending anime adalah ending dari cerita, kalian salah. Sakurasou merupakan adaptasi Light Novel dengan judul dan cerita yang sama persis. di anime, Sakurasou hanya mengambil volume 1 - 6  dan sedikit volume 7 di awal-awal saja. sedangkan volume keseluruhan novel Sakurasou adalah sampai volume 10. berarti mungkin kita ketinggalan 12 episode yang tidak akan kita pernah tonton di anime. apakah para penonton baru menyadari hal ini? Kehadiran karakter baru, suasana semester baru, dan cerita baru. terlewat begitu saja. sayangnya lagi, kita tidak akan pernah mendapatkan

Mengungkap Hal Menakjubkan di Film District 9

District 9 (2009) adalah salah satu film Sci-Fi yang ditulis Neil Blompkamp dan di distribusikan oleh Sony Pictures. penceritaan yang terkesan indie dari film District 9 membuat atmosfer-nya hampir sama seperti film Chappie yang dirilis pada tahun 2015. Uniknya, pada tahun 2008, Neil Blompkamp pernah merilis short film berjudul "Alive in Joburg" dengan konsep penceritaan yang hampir sama seperti District 9. kemungkinan seluruh cerita dari District 9 memiliki penceritaan yang didasari dari cerita Alive in Joburg. Film ini menceritakan serangkaian aksi dari seorang manusia bernama Wikus van De Merwe dan alien yang memiliki nama terjemahan Christopher Johnson dalam bahasa manusia, hal ini membuat film semakin unik dan berbeda dari film alien pada umumnya, namun bukan hal itu saja yang membuat film ini unik. Dalam film tersebut, cerita dimulai seakan memiliki alur maju, namun sebenarnya film tersebut memiliki alur cerita yang mundur, yaitu dimulai dari perbincangan narasumber dan

Cerita Tentang Rasa Kesepian dan Penasaran di Manga Star Strings Yori

Star Strings Yori atau From Star Strings adalah sebuah manga Oneshot (manga yang dibuat dengan cerita tidak ada lanjutannya) ditulis oleh Akihito Tsukushi, juga seorang pembuat cerita di Manga Made in Abyss, pembaca bisa membaca pembahasan spoiler Made in Abyss disini. Star Strings Yori dirilis pada 14 Agustus 2011, meskipun dirilis terlebih dahulu daripada karya Made in Abyss-nya, manga Star Strings Yori kurang mendapatkan perhatian dan banyak orang-orang yang belum tahu mengenai manga tersebut. Menceritakan mengenai seorang gadis kecil yang hidup di planet indah layaknya negeri dongeng. dia bernama Kororu, hidup sendirian dengan kemampuan bertahan hidup yang mumpuni. sayangnya, keahlian dan planet dongeng miliknya mempunya satu kekurangan yang fatal. kekurangan tersebut adalah tidak ada siapapun disana kecuali gadis tersebut. Kororu pun tidak paham kenapa hanya ia yang hidup sendirian disana, yang dia ingat hanya namanya dan kemampuan bertahan hidupnya. singkat cerita, pada malam h