Beberapa artikel dan cuplikan gambar memuat konten dan isi mengenai jalan cerita. disarankan untuk menonton, membaca, atau memainkan segala bentuk cerita yang akan anda baca disini!

2/17/20

Penjelasan Bagaimana Cerita Anime Sky Crawlers Berjalan

Sky Crawlers (2008) adalah anime yang memuat unsur cerita berat dan sangat dalam, disini GaPaham FILM akan menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi di Sky Crawlers, dan apakah Sky Crawlers berada di masa Perang Dunia 2? jawabannya, adalah bukan. lalu latar waktu apa yang digunakan di film ini?

Film ini merupakan film dan sekaligus anime yang dibuat oleh Hirosi Mori dari adaptasi Chihiro Itô. Disutradarai oleh Mamoru Oshii, yang menceritakan kehidupan sebuah kelompok squadron para pilot pesawat jenis fighters yang masih muda, mereka disebut sebagai "Kildren" dari asal kata "Children" yang berarti masih anak-anak. 

Cerita dari film ini memang cukup membingungkan, dimana suasan bingung makin diperjelas dengan kesunyiaan tiap adegan film yang kurang diiringi dengan musik atau soundtrack. cerita di film Sky Crawlers memang langsung mengambil konflik dari semua prequel ceritanya. dimana di film ini, diceritakan Perang Dunia telah usai, dan masyarakat hidup dalam kedamaian. bisa dibilang Sky Crawler menerapkan tema Alternate History.

Dilihat dari suasana dan teknologi yang ada, terutama pesawat yang dinamai Sanka M-B di film yang mirip dengan model asli di dunia nyata yaitu j7w2 Shinden milik Jepang. kemungkinan film diambil setelah Perang Dunia 2 usai dan Perang Dingin tidak pernah terjadi di film ini. beberapa teknologi juga ada yang terhenti, contoh kecil adalah alat pemain musik.


APA YANG TELAH TERJADI SEBELUMNYA?

Suatu saat didunia film ini, Kofederasi Eropa dibawah pengaruh Jerman Modern dan PBB mulai terbentuk dan menyepakati suatu perjanjian yang tidak dijelaskan dalam cerita. meloncat ke masa berikutnya, dua perusahan militer besar bernama Rostock dan Lautern muncul. Atas suatu kesepakatan yang dibuat oleh Kofederasi Jerman dan PBB, kemungkinan menurut GaPaham FILM adalah suatu persetujuan untuk perang, namun tidak boleh sama sekali melibatkan penduduk sipil atau sampai melukai. akhirnya dua perusahaan ini bersaing lewat perang udara dari mesin-mesin yang mereka buat, yaitu pesawat. 

Di tengah persaingan dan perang antar perusahaan (perang sungguhan),  seorang bernama Mutsuga Yamazaki memiliki ide untuk mengkloning para pilot untuk diikut sertakaan ikut perang, yaitu kloning manusia yang tidak bisa menua dan hanya bisa mati ketika dibunuh,  saat itu teknologi dan ide ini ada di perusahaan Rostock. manusia kloningan ini disebut "Kildren".

APAKAH KILDREN BUKAN MANUSIA?

Iya, Kildren bukan manusia.mereka adalah manusia kloning yang dibuat oleh eksperimen dan proyek atas ide Mutsuga Yamazaki. jika Kilden mati, maka akan dibuat kloningan dari DNA yang sama dengan fisik yang hampir sama dari seblumnya. DNA Kildren berasal dari pilot yang sebelumnya telah tiada. itu kenapa Kildren bisa mengendarai pesawat, dan faktanya, Kildren tidak pernah mengalami masa kecil. memori masa kecil mereka berasal dari memori masa kecil para pilot yang DNA-nya digunakan untuk membuat kloning mereka. Termasuk tokoh utama, Yuichi dan rekannya yang lain. mereka semua adalah bagian dari Kildren, manusia kloningan yang tidak akan pernah tua dan hanya bisa mati jika dibunuh.

UNTUK SIAPA MEREKA BEKERJA?

Kildren bekerja untuk Rostock, mereka memang ditugaskan tanpa ada bayaran dan tujuan hidupnya hanya untuk memajukan perusahaan. mereka diberi tempat tinggal, fasilitas kendaraan, dan makanan.


JIKA DUNIA DAMAI, KENAPA MASIH ADA PERANG?

Dalam dialog antara Yuichi dan Kusanagi di dalam restoran, Kusanagi menjelaskan bahwa perang tidak akan bisa dihilangkan dari dunia. dunia memang telah damai, dan  untuk menjaga perdamaian tersebut, masyarakat harus melihat bagaimana itu kesensaraan perang. agar masyarakat bisa melihat penderitaan dari perang secara langsung. dan besyukur atas apa yang mereka miliki dalam kedamaian. dan yang dikorbankan adalah para Kildren, mereka semua gugur hanya untuk menunjukkan masyarakat, bagaimana perang bisa menghilangkan banyak nyawa. sementara itu perang juga sangat efisien untuk mempromosikan sebuah teknologi, contohnya adalah promosi keunggulan teknologi perusahaan Rostock dan Lautern.

SIAPA ITU "SANG GURU" DAN KENAPA DIA ADALAH PILOT HEBAT?

Sang Guru, di film ini tidak diperlihatkan kecuali hanya sekedar pesawat ikonik miliknya. sebenarnya di prequel cerita film ini, dalam bentuk game. Sang Guru adalah karakter yang dipakai oleh pemain di game bernama Lynx, dia adalah manusia normal, dan bukan Kildren. Lynx merupakah pilot yang digunakan oleh pemain dalam game Sky Crawlers : Inoncent Aces. dan sekarang menjadi tokoh antagonis di film sequel-nya. Lynx adalah guru dan pilot handal dari semua pilot Rostock, dipanggil sebagai Kapten. itu kenapa Lynx dikaburkan namanya menjadi "Sang Guru" atau "The Teacher".


0 komentar:

Post a Comment