Beberapa artikel dan cuplikan gambar memuat konten dan isi mengenai jalan cerita. disarankan untuk menonton, membaca, atau memainkan segala bentuk cerita yang akan anda baca disini!

7/12/20

Eksplorasi dan Penjelasan di Dunia Made in Abyss


Made in Abyss adalah anime yang tayang pada tahun 2017 diadaptasi dari Manga karangan Akihito Tsukushi dan kemudian penceritaan di anime disutradarai oleh Hideyuki Kurata. menceritakan mengenai daerah yang diketahui orang sebagai Orth, tepian dari lubang besar berdiameter kurang lebih 1000 meter yang menjadi suatu kota dalam kurun waktu 1900 tahun dinamai sebagai Abyss. Orth sebelumnya adalah daerah eskplorasi para penjelajah seperti tempat pertambangan. cerita dari anime ini  sepertinya mengadaptasi fenomena alam di dunia nyata yaitu Palung Mariana dan karya dante bernama Inferno.

Sekitar kurun waktu 1900 tahun, para penjelajah masih aktif dalam melakukan pertambangan terutama mencari artifak unik dan yang paling utama ada deep challenger. para penjelajah ini disebut sebagai delver dengan tanda peluit sebagai simbol pengalaman mereka turun dari lubang tersebut. semua peluit itu adalah sebagai berikut :

  • Peluit Merah dipakai untuk para delver yang sudah pernah turun di layer pertama Abyss, kedalaman 1000 meter dari Orth.
  • Peluit Biru dipakai untuk para delver yang sudah pernah turun di layer kedua Abyss, kedalaman 2000 meter dari Orth.
  • Peluit Unggu (Peluit Bulan) dipakai para delver yang pernah turun ke layer keempat kedalaman 9000 meter dan menjadi instruktur untuk peluit merah .
  • Peluit Hitam dipakai para delver yang pernah turun ke layer kelima yaitu lautan mayat di kedalaman 11000 meter dari Orth.
  • Peluit Putih dipakai para delver yang mendedikasikan hidupnya untuk masuk sampai ke bagian akhir Abyss, yang diketahui mereka baru sampai di layer ketujuh, yaitu lebih dari 15000 meter dari Orth.
Struktur Abyss yang unik dan berlapis-lapis memiliki banyak keunikan ketika masuk disana, selain dari predator yang tidak ada di dunia permukaan. Abyss ternyata memiliki tekanan tinggi, ini disebabkan karena kedalamannya bahkan melebihi dasar laut di perairan tersebut. Di kedalaman layer ketiga yaitu 3000 meter merupakan penghubung antara dasar laut dan hutan terbalik, ini dijelaskan oleh Maruruk sebagai perkiraan yang mendasar karena hutan terbalik mendapat nutrisi dari air laut. tekanan tinggi ini disebut sebagai Curve oleh para delver, yang menurut GaPaham FILM adalah sebuah medan gaya gravitasi yang sama seperti di kedalaman Palung Mariana hanya saja lebih berbahaya. tekanan yang berbahaya adalah dari kedalaman layer keempat yang membuat tubuh berdarah dan bengkak, layer kelima membuat tubuh kehilangan kesadaran dan terasa seperti ditusuk, dan layer keeenam yang membuat tubuh kehilangan DNA manusia-nya dan menjadi mahluk setengah hewan bernama Narahate.

Sejarah dan Asal Mula Ditemukan Abyss

Abyss, ditemukan pada 1900 tahun yang lalu dan dipublikasikan secara luas, namun tidak sepenuhnya benar tentang apa yang diceritakan awal dari manga atau anime-nya. Abyss pertama kali ditemukan oleh seseorang pria pelaut sebelum Abyss pertama kali ditemukan secara umum. pria pelaut tersebut menemukan kompas menuju kota emas (Golden City) namun menyerah karena telah kehilangan banyak dari rekan-nya yang tewas di dalam lubang tersebut. kompas tersebut merupakan salah satu bagian artifak dari Abyss yang nantinya menjadi kepemilikan Vueko. setelah mendengar rumor tersebut, para pelaut lain bernama Ganja, yaitu orang-orang yang terbuang dari tanah kelahirannya. para Ganja adalah orang-orang gelandangan yang mengarungi laut untuk mencari tanah baru, dan Vueko pemilik kompas saat itu menjadi bagian dari mereka.

Eksplorasi besar-besaran mulai dilakukan oleh para Ganja pencari tanah baru dan kota emas, para pendiri ini adalah Wazukyan, Belafu, dan Vueko. bersama rombongan besar menuju ke pulau yang dicari. pelayaran menewaskan beberapa banyak kapal akibat ombak besar, hingga hanya tersisa dua kapal yang berhasil sampai ke pulau yang nanti akan disebut Orth. singkat cerita setelah menelan korban ketika menuruni lubang, mereka telah sampai di layer keenam dan menemukan kota emas yang dicari-cari. sayangnya, mereka baru mengetahui mengenai curse layer keenam dan tidak bisa kembali ke permukaan untuk mengambil semua emas yang ada. di layer keenam mereka bertemu dengan robot yang menyatakan diri sebagai robot pengamat (Interfrance Units) yang sepertinya merupakan robot buatan dari peradaban kota emas yang telah hancur dan ditinggalkan. robot ini bersahabat dan menjadi teman para Ganja untuk bertahan hidup di layer keenam.

Suatu ketika, para Ganja mulai kehabisan pasokan air. mereka mulai mencari sumber air yang mungkin ada di daerah tersebut. alih-alih mendapatkan air bersih, mereka malah keracunan oleh air, yang mereka duga bersih tenyata berparasit. beberapa dari mereka diare hebat dan meninggal sebagian lain mengalami infeksi di tangan yang membuat tangan mereka hancur. beberapa dari yang masih hidup mulai mencari cara agar selamat dan terjebak di kedalaman tersebut. tidak ada orang dipermukaan yang tahu, apa yang terjadi pada mereka selanjutnya selama puluhan ribu berlalu hingga masa Riko. dan layer tersebut dinamai oleh para peluit putih sebagai Capital of Unreturned. Abyss ditemukan dan dipublikasikan secara luas karena penemuan dari para awak kapal di balon udara. sedangkan, para Ganja, penemu sebenarnya, hilang dan terjebak di kedalaman Abyss.


Fakta dari Para Peluit Putih

Para peluit putih yang adalah Ozen, Lyza, Wakuna, Srajo, dan Bondrewd. berbeda dengan peluit lainnya, tiap peluit putih memiliki pola yang berbeda satu dengan yang lainnya. peluit putih merupakan artifak, yang berati bukan buatan manusia. para delver yang sampai di kedalaman menemukan benda ini dan dijadikan sebagai miliknya, setelah kebenaran  yang dipaparkan oleh Bondrewd bahwa pulit putih merupakan manusia yang berubah menjadi artifak bahkan tubuhnya sendiri (Bondrewd) yang asli dijadikan sebagai barang tersebut. dari penjelasan Bondrewd, hal itu menjadi sangat jelas bahwa peluit putih lain mendapatkan peluitnya dengan cara yang hampir sama dengan kejadian Pruska yang menjadi artifak peluit putih milik Riko. 
 
proses pengkristalan manusia menjadi peluit putih adalah seperti berikut :
  1. manusia diturunkan ke tempat yang termasuk layer keenam alternatif yang merupakan sebuah jalan buntu berbentuk sumur, dinamai sebagai tempat ritual.
  2. manusia ditarik ke atas secara keras, di waktu ini curse/kutukan dari layer keenam akan mengubah manusia menjadi narahate atau menjadi sebuah mengkristal sebagai artifak yang dinamakan sebagai peluit putih, hanya saja masih belum jelas apakah semua peluit putih menggunakan teknik yang sama seperti Bondrewd kepada Pruska.
Beberapa generasi peluit putih mengirim pesan ke permukaan, menyatakan bahwa tidak ada manusia yang bisa kembali ke layer atas setelah berada di tempat tersebut. di Layer keenam, Peluit putih seperti Wakuna, dapat dengan mudah melintasi daerah tersebut tanpa masalah. beberapa informasi para peluit putih yang tidak dipublikasikan adalah cahaya berbentuk cincin di layer ketujuh yang bisa dilihat dari atas, atau bahkan kertas-kertas duka kematian dari atas orth yang sampai turun dari atas (Orth) yang dilihat oleh Reg secara aneh jatuh di tempat tersebut, padahal dasar layer kelima sendiri adalah air.

Pertanyaan yang masih membekas adalah "Bagaimana cara Bondrewd bisa kembali dari layer ke-6 dengan selamat setelah kembali dari desa Narahate?" ini masih belum bisa dijelaskan secara pasti, kemungkinan Bondrewd menggunakan teknologi selongsong (cartidge) atau koper berisi manusia hidup untuk menyelamatkan dirinya dari pengaruh curse abyss keeenam. namun, ini masih belum pasti, mengingat Bondrewd mempunyai pengetahuan lebih dan bermacam-macam artifak yang memungkinkan menolongnya dari segala ancaman yang ada di lubang neraka ini.

Eksperimen Ilegal di Abyss

Di Made in Abyss, juga terjadi yang namanya suatu proyek ilegal yang melibatkan orang-orang tidak berhati dan tidak bermoral. layaknya seperti perdagangan manusia di dunia nyata. di Made in Abyss juga terjadi hal serupa. Bondrewd merupakan seorang peluit putih yang terlibat dalam masalah ini, bahkan dia merupakan dalangnya. Bondrewd diketahui merupakan ilmuwan yang menjadi kriminal karena diketahui melakukan eksperimen dalam memahami Abyss menggunakan subjek manusia hidup-hidup. di permukaan, ia menjadi sorotan untuk dibunuh jika para delver lain bertemu dengannya. Sayangnya, delver yang menerima tugas ini, semuanya menghilang tanpa jejak. walaupun disisi lain tindakan bajingannya bermanfaat bagi penelitian dan ilmu pengetahuan mengenai Abyss, namun tindakannya sangat tidak dibenarkan.  kegilaanya mengenai Abyss mungkin lebih buruk dari apa yang GaPaham FILM jelaskan. diketahui Bondrewd memiliki artifak yang dapat memindahkan jiwa penggunanya pindah ke tubuh baru, tentu tubuh baru ini sebelumnya adalah para delver lain yang mempunyai misi untuk membunuh Bondrewd, kemudian Bondrewd membunuhn mereka dan dimanfaatkan sebagai boneka berjalan olehnya.

Kedalaman Abyss dan Rumor mengenai Bencana Alam Dahsyat

Yang diketahui saat ini adalah kedalaman layer ketujuh yang masih misterius dikenal sebagai Final Maelstrom, belum diketahui apakah masih ada layer atau lapisan yang lebih dalam daripada 15000 meter. didalam layer ketujuh, banyak kejanggalan aneh dan distorsi waktu yang diluar akal sehat. beberapa kutipan mengenai dokumen Lyza juga tidak begitu jelas, berikut salah satunya adalah Reg pertama kali ditemukan di layer ketujuh. apapun itu yang pasti Abyss masih menjadi misteri walaupun telah ditaklukkan sedemikian rupa. didalam diskusi di Reddit, terdapat pembahasan mengenai asumsi mengenai apa yang terjadi 2000 tahun lalu, dan puing-puing masa lalu yang mana telah menjadi fosil. hal ini dapat ditemukan dengan melihat adegan seperti pohon besar dan juga mayat berdoa yang ditemukan Riko. ada juga Golden City yang ditemukan para Ganja merupakan fosil bekas peradaban yang sudah ada sebelum mereka datang kesana.

Dilayer atas, para delver sering menemukan sebuah kerangka manusia dengan posisi berdoa didekat puing-puing artifak. Ozen menduga bahwa mereka adalah perdaban yang datang sebelumnya, dan termakan oleh curse/kutukan dari abyss. hal ini sangat berhubungan dengan para Ganja yang sebelumnya beberpa tahun lalu waktu itu pernah mendengar rumor bahwa terdapat para pelaut yang mengaku pernah ke Orth dan bernasib mengerikan. beberapa ada yang tubuhnya terbakar atau terbelah jadi dua. kemungkinan mereka sudah terkena curse dari abyss. sebuah fenomena mengerikan yang tak bisa dihindari, kata Ozen kepada Jiruo.

Kesalahan Reg Turun Kembali Ke Abyss

Pada chapter terbaru yaitu chapter 55, Reg menjelaskan bahwa dia naik keatas, alias ke permukaan untuk menemui seseorang yang dapat memperbaiki efek kekuatan tangannya. akan tetapi, kembali pada episode pertama, Reg malah bertemu dengan bocah perempuan yang sedang akan dimakan Splitjaw, orang yang salah untuk ditemui. Reg menggunakan kekuatan tangan nya (dinamai Riko sebagai Incinerator dan ketika gigunakan akan membuat pingsan Reg untuk setengah jam) namun Riko yang menemukan Reg malah memberinya kejutan listrik yang membuatnya hilang ingatan. Reg yang hilang ingatan mulai melenceng dari tugas awalnya. Reg berteman dengan Nat, Riko, dan kawan-kawan dan  mulai kembali turun kebawah bersama Riko, tanpa menyelesaikan tugas awalnya. berbicara mengenai Made in Abyss, sekarang karya Akihito Tsukushi yang melegenda ini sudah rilis volume 8 di play book, ya.. di play book Google. bisa dibaca kapanpun dan dimanapun tentu dengan cerita petualangan gadis cilik Riko, bocah robot Reg, dan narahate cilik Nanachi di sebuah perkampungan layer keenam! bagaimana bisa ya, tentu simak cerita petualangan mereka di link dibawah ini!
 
Get it on Google Play

Yang Digambar Lyza Bukan Reg!

Benar sekali, pembahasan terakhir adalah informasi dokumen Lyza yang membahas mengenai seorang bocah di layer ketujuh dengan pewakan robot. perlu diingat, bahwa yang digambar Lyza bukanlah Reg, melainkan seorang gadis robot yang berperawakan hampir sama seperti Reg, perbedaan jelas adalah di bagian jari tangan dimana jari tangan Reg hampir sama seperti manusia, sedangkan bocah robot yang digambar Lyza memiliki cakar panjang dan tajam lebih dari 10cm dengan hanya tiga jari di satu telapak tangan. Reg merupakan robot laki-laki yang memiliki tujuan naik keatas untuk memperbaiki efek dari kekuatan cahaya di tangannya, dinamai Riko sebagai incinerator, senjata yang hampir sama dipakai Bondrewd dan dinamai Bondrewd sebagai sparagmos, senjata yang dapat melenyapkan apapun sampai tak bersisa. Reg bertemu dengan Gaburoon, sebuah robot besar dengan pesenjataan hampir sama seperti Reg, yaitu dengan tangan yang bisa memanjang. Gaburoon memberikan penjelasan bahwa Reg kemungkinan adalah robot sama seperti dirinya, hanya saja lebih canggih dan dikhususkan untuk membuka tabir dari misteri Abyss. sedangkan gadis robot yang sama seperti Reg, masih ada di layer ketujuh. mengawasi para peluit putih yang turun.



0 komentar:

Post a Comment